Connect with us

Hukum dan Kriminal

Razia KRYD Satlantas Polres Tomohon, Kenalpot Racing jadi Sasaran Utama!

Razia Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD) Satlantas Polres Tomohon, berhasil mengamankan puluhan kendaraan diseputaran Tugu Tololiu.

Published

on

Kasat Lantas Polres Tomohon Nicky Pondalos, SIP

TOMOHON, – Razia Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD) Satlantas Polres Tomohon, berhasil mengamankan puluhan kendaraan.

Kegiatan rutin ini dilaksanakan diseputaran Tugu Tololiu, Matani III, Kota Tomohon, pada Kamis (15/9/2022).

Kapolres Tomohon melalui kepala Satuan Lalulintas IPTU Nicky Pondalos, SIP menyebut, kegiatan ini bersasar ke pelanggar yang kasat mata.

“Ya, seperti tidak menggunakan Helm, penertiban Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), dan Kenalpot racing,” ungkap Kasat Nicky.

Diungkapkannya pula, yang menjadi fokus utama yaitu kenalpot racing. Pasalnya, kata Kasat, sudah banyak laporan dan keluhan dari masyarakat.

“Kenalpot racing ini sangat menggangu kenyamanan masyarakat, apalagi jika saat ada ibadah,” tegasnya.

Memang, kata dia (Nicky-red), penggunaan kenalpot racing sudah meningkat. Buktinya, malam ini sebagian besar yang ditemukan yakni pengguna kenalpot racing.

“KRYD saat ini, kita temukan hampir 60% pengguna kenalpot racing. Bahkan, terdapat 2 kendaraan roda empat yang jadi pengguna dan sisanya kendaraan roda dua,” beber Kasat.

Kemudian, untuk kendaraan-kendaraan yang diamankan, nantinya harus dilengkapi dulu kendaraannya, baru bisa dikembalikan.

“Terlebih untuk kenalpot racing. Harus diganti dengan yang standar dulu,” ketus Nicky.

Terpantau, kegiatan rutin yang berlangsung kurang lebih 3 jam, dan berhasil mengamankan sebanyak 27 kendaraan.

Terdapat 2 kendaraan roda empat yang menggunakan kenalpot racing, dan sisanya kendaraan roda dua dengan pelanggar beragam.

“Dengan jumlah pelanggar yang tak sedikit ini, saya harap kedepan tidak diulangi lagi. Semoga ini jadi pelajaran buat pengguna jalan agar tetap mematuhi peraturan lalulintas,” pintanya.

“Tetap berhati-hati dalam berkendara, tetap berdoa baik sebelum maupun sesudah melakukan perjalanan dan tentunya utamakan keselamatan,” pungkas Kasat Lantas Nicky Pondalos.

Penulis: Ichad Ering

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *