Connect with us

Hukum dan Kriminal

Keren! Sepekan Menjabat, Kapolres Lerry ‘Lumpuhkan’ Spesialis Curanmor di Tomohon

Published

on

Pelaku dan barang bukti di Polres Tomohon

TOMOHON, – Spesialis pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) berhasil dilumpuhkan Tim Resmob Polres Tomohon, dibawa asuhan Kapolres, AKBP Lerry Ronald Tutu, SIK, MM.

Dari informasi yang diterima, Tim Buser Sat Reskrim Polres Tomohon di bawah pimpinan Aipda Bima Pusung, telah mengamankan RW alias Enol (41) warga Pakowa, Kota Manado.

“Ya, pelaku Enol diamankan oleh Tim Buser karena telah melakukan pencurian kendaraan bermotor roda dua,” ungkap Kapolres Lerry, Jumat (21/7/2023).

Diketahui, kejadian ini terjadi pada Kamis, 9 Maret 2023 dan korban sudah membuat laporan Polisi di Polres Tomohon. Kemudian, Pelaku diamankan pada Minggu 16 Juli 2023 di ruas jalan Tomohon.

“Pelaku baru bisa diamankan pada hari minggu tanggal 16 Juli 2023, karena Pelaku sering berpindah-pindah tempat tinggal dan selalu bersembunyi,” beber Kapolres.

Dijelaskan, dalam proses pengembangan, Tim Buser sempat mencari pelaku di beberapa tempat, seperti di Kota Manado, Kotamobagu, Bitung dan Minahasa Tenggara.

Baca juga: Barang Jualan Milik Warga Talete 1 Dicuri, 3 Pelaku Diringkus Polsek Tomohon Tengah!

Saat di interogasi, Pelaku mengakui telah mencuri kendaraan sepeda motor yang terparkir di teras rumah yang ada di Kelurahan Matani I, Kecamatan Tomohon Tengah.

Pelaku mengakui, kendaraan yang dicurinya telah dijual di wilayah Tompaso Baru, Minsel. Tim Buser pun menuju ke lokasi yang dimaksud.

“Tim Buser berhasil mengamankan 6 unit kendaraan roda dua hasil pencurian yang dilakukan oleh Pelaku,” ujar Kapolres.

Kapolres menyebut, modus dari Pelaku yakni mencari target kendaraan yang akan dicurinya dan diikuti sampai ke rumah yang ditargetkan.

“Kemudian, pada malam harinya saat kendaraan terparkir dan pemilik sudah tidur, Pelaku mencurinya dengan cara mematahkan stang setir dan membobol rumah kunci motor,” ungkap Kapolres.

Baca: Hubungan Asmara Korban dan Mertua Pelaku jadi Pemicu Warga Minahasa ‘Banjir’ Luka Tebasan

Setelah berhasil mencuri kendaraan roda dua tersebut, Pelaku kemudian menjual kendaraan, dan uang hasil penjualan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Dalam proses pencarian barang bukti, pelaku sempat melakukan perlawanan dan berusaha untuk melarikan diri. Akhirnya, Tim Buser menghadiahi ‘Tima Panas’ terhadap pelaku.

“Atas kejadian ini, Pelaku disangkakan Pasal 363 ayat 1 ke 3e KUHP Sub 362 KUHP dengan hukuman maksimal 7 tahun penjara,” beber Kapolres.

Atas keberhasilan itu, Kapolres meminta kepada masyarakat Tomohon yang merasa kehilangan kendaraan sepeda motor, seperti yang ada di daftar barang bukti, agar bisa menghubungi Satuan Reskrim Polres Tomohon.

Barang bukti yang diamankan, yakni 1 (Satu) Unit R.2 Honda Beat Street warna Hitam Silver, 1 (Satu) Unit R.2 Honda Beat deluxe warna Hitam Biru Navy, 1 (Satu) Unit R.2 Honda Beat digital warna Hitam Putih,

1 (Satu) Unit R.2 Honda Beat digital warna Hitam Abu-abu, 1 (Satu) Unit R.2 Honda Beat digital warna Hitam Merah, 1 (Satu) Unit R.2 Honda Beat digital warna Hitam Hijau Navy.

Hukum dan Kriminal

Tinggalkan Tugas, Anggota Polres Tomohon Brigpol Fredly Mogira Diberhentikan!

Published

on

Pemberhentian secara tidak hormat Brigpol Frenly J. Mogira di lapangan Polres Tomohon

TOMOHON, – Personil Polres Tomohon, Brigpol Frenly J. Mogira diberhentikan secara tidak hormat.

Betapa tidak, Brigpol Frenly meninggalkan tugasnya secara tidak sah dalam waktu lebih dari 30 hari kerja secara berturut-turut.

Hal itu dibenarkan Kapolres Tomohon, AKBP Lerry Ronald Tutu, SIK MM, di Lapangan apel Polres Tomohon, Senin (3/10/2023).

“Benar hari ini, satu Personil Polri yang bertugas di Polres Tomohon Brigadir Polisi Frenly Johan Mogira telah diberhentikan dengan tidak hormat,” ungkapnya.

Pemecatan terhadap Personil tersebut berdasarkan Surat Keputusan Kapolda Sulut yang di terima oleh Polres Tomohon. “Sudah ditindaklanjuti dengan pelaksanaan upacara kedinasan hari ini,” ujar Kapolres.

Kapolres menyebut, bersangkutan tidak hadir dalam pelaksanaan upacara PTDH hari ini atau di kenal dengan in absensia.

Tapi, kata Kapolres, hal ini tidak melanggar aturan karena pelaksanaan upacara hari ini sesuai dengan Perpol 7 tahun 2022 tentang kode etik profesi dan komisi kode etik Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Saya berharap kepada seluruh Personil Polres Tomohon, agar upacara PTDH hari ini merupakan yang pertama dan terakhir bagi Personil Polres Tomohon,” pintanya.

Dia meminta, seluruh Personil Polres Tomohon, agar melaksanakan tugas sesuai aturan yang ada, dan tunjukkan rasa bangga sebagai anggota Polri.

Continue Reading

Hukum dan Kriminal

Takut hingga Menangis, Gadis 13 Tahun Alami Pelecehan di Kost Tomohon

Published

on

Pria (14) pelaku pelecehan seksual anak dibawa umur

TOMOHON, – Orangtua dari Melati (Nama samaran) melaporkan Pria sebut saja Stef (14) ke pihak kepolisian sektor (Polsek) Tomohon Tengah.

Pasalnya, pria itu lakukan pelecehan terhadap gadis 13 tahun asal Tondano Utara ditempat kost Tomohon, pada Rabu (20/9/2023) pukul 07:00 Wita, malam ini.

Diceritakan, sekelompok anak muda sedang asik nongkrong di teras kost yang kemudian muncul niat untuk mengganggu gadis belia itu.

Melati yang saat itu sedang melewati area dapur, para pria rupanya telah menunggu korban lewat. Tiba-tiba, area sensitif korban (maaf) diremas oleh pelaku.

Baca juga: Nekat! Pelajar asal Eris Curi Laptop Gaming Bernilai 22 Juta di Matani 1, Ini Kronologinya…

“Perbuatan bejat itu membuat gadis pelajar ini menangis dan ketakutan, dan langsung menelpon orangtuanya,” kata Kapolsek Tomteng, Kompol Sammy Pandelaki.

Kaget dan keberatan, orangtua Melati melaporkan pria asal Tomohon Tengah itu ke Kepolisian.

“Kami menerima laporan dari keluarga korban, pukul 20.00 WITA. Tim Resmob langsung bergerak mencari keberadaan Pelaku,” ungkap Kapolsek.

Tim mendapat informasi bahwa terduga pelaku masih berada di dalam tempat kost itu. Benar saja, pelaku langsung diamankan tim Resmob Polsek Tomteng.

Diketahui saat ini, terduga pelaku dan korban di amankan ke Mapolres Tomohon untuk di serahkan ke Piket Reskrim Unit PPA.

Continue Reading

Hukum dan Kriminal

Nekat! Pelajar asal Eris Curi Laptop Gaming Bernilai 22 Juta di Matani 1, Ini Kronologinya…

Published

on

Pelaku saat di amankan oleh tim gabungan Resmob Polsek Tomohon Tengah dan Unit Reskrim Polsek Eris

TOMOHON, – Pria berstatus pelajar ditangkap Tim gabungan Resmob Polsek Tomohon Tengah dan unit Reskrim Polsek Eris, pada Rabu (20/9/2023).

Pasalnya, warga yang diketahui berasal dari kecamatan Eris itu nekat mencuri barang elektronik jenis Laptop Merk Azus Tuf Gaming warna hitam dan uang 1 juta rupiah.

Sebut saja YB (16), pada Rabu 22 Agustus lalu, pelaku menjalankan aksinya ketika rumah sedang kosong. Saat itu, korban dan keluarga berada di pastori gereja untuk kerja bakti.

Baca juga: Geger! Bayi Usia 5 Jam Ditemukan di Woloan 1, Kapolsek: Didalam Kardus, Diatas Mobil!

“Pelaku manfaatkan situasi dengan mencuri barang elektronik dan uang di kamar korban,” ungkap Kapolsek Tomohon Tengah, Kompol Sammy Pandelaki.

Tak lama, korban kembali ke rumah dan menuju ke kamarnya. Laptop serta uang tunai 1 Juta rupiah hilang, meski sudah dicari di areal rumah.

“Atas kejadian itu, korban melapor ke pihak kepolisian, dan langsung dilakukan penyelidikan oleh tim Resmob Polsek Tomohon Tengah,” tutur Kapolsek.

Dari hasil penyelidikan, Tim Resmob mengetahui identitas pelaku. Sehingga, pada selasa (20/9) kemarin, lokasi pelaku terinformasi berada di Eris, Minahasa.

Atas kerja sama Tim Resmob Polsek Tomteng dan unit Reskrim Polsek Eris yang dikepalai IPDA Andre Nelwan SH, pelaku berhasil ditangkap.

Aksi pencurian Laptop Asus Tuf Gaming senilai 22 Juta, uang tunai 1 Juta hingga powerbank seharga ratusan ribu, buat korban alami kerugian hingga 24 juta rupiah.

Perlu diketahui, saat ini, Tim Resmob Polsek Tomteng sedang lakukan pengembangan terhadap pelaku untuk tempat kejadian perkara lainnya.

Continue Reading

TRENDING