Connect with us

Politik dan Pemerintahan

Apresiasi Senator SBAN Liow, ketika GMIM Buat Gerakan Menanam di Tomohon

SBAN Liow meyakini, warga yang sukses dalam usaha dan kelompok pertanian dan peternakan akan ikut membantu sebagai implimentasi diakonal gereja,

Published

on

SBAN Liow ketika ikut serta dalam gerakan menanam GMIM

TOMOHON, – Anggota DPD RI/MPR RI Stefanus BAN Liow apresiasi gerakan Menanam dan beternak GMIM yang digelar didataran kaki gunung Lokon.

Pencanangan Gerakan GMIM Menanam dan Beternak ini, dilaksanakan secara langsung oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE dan Ketua BPMS GMIM Pdt. Dr. Hein Arina di Tomohon, Jumat (04/11/2022).

“Program ini adalah dalam upaya pemanfaatan lahan kosong atau terbiar, memotivasi Pelsus dan warga gereja sekaligus pemberdayaan ekonomi keluarga dan jemaat untuk kedaulatan pangan, apalagi mengantisipasi krisis global,” ungkap Liow.

Senator yang dikenal dekat dengan masyarakat itu mengatakan, gerakan menanam tersebut baiknya segera ditindaklanjuti dengan melakukan penanaman dijemaat maupun warga.

“Ya, setidaknya melalui program apotek dan dapur hidup sehat,” terang Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM dan Anggota BPMS GMIM Periode 2014-2018 itu.

Sejak awal, kata Stefa, GMIM secara kelembagaan maupun warga menaruh perhatian dan kepedulian dalam pengelolaan sumber daya, selain teologis dan dana sebagai indikator menuju kemandirian gereja.

Karena itu dalam Katekisasi Tahap III Pelsus ada materi penatalayanan gereja dibidang ekonomi dan etos kerja juga lingkungan hidup, dengan maksud selain mulai dari pelsus tetapi juga dijabarkan kepada anggota jemaat.

Senator Stefa secara terbuka salut dan bangga karena realitanya saat ini secara kelembagaan melalui PSDD dan atau Kompelka menjadi inisiator dan penggerak menanam terutama hortikultura.

Tetapi juga, lanjut Liow, banyak Pendeta yang menjadi motivator dan pelaku langsung ‘Ba Kobong’, seperti Pdt Welly Pondaag, Pdt Lucky Tumbelaka, Pdt Wailan Posumah, Pdt Derby Taroreh, Pdt Billy Johanes, Pdt Daniel Bastian dan lain-lain.

Dirinya beroptimis dalam beberapa bulan kedepan banyak lahan-lahan tidur akan dibangunkan, terutama oleh PSDD dan Kompelka, mulai dari kompleks gedung gereja dan pastori dengan Apotek dan dapur Hidup diikuti dirumah-rumah anggota jemaat dengan polibag.

“Saya yakin, warga yang sukses dalam usaha dan kelompok pertanian dan peternakan akan ikut membantu sebagai implimentasi diakonal gereja,” pungkas Senator Stefa dengan senyum khasnya.

Ichad Ering

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *