Connect with us

Politik dan Pemerintahan

Dipimpin SBANL, BULD DPD Kaji Kebijakan Lingkungan Hidup Pasca UU Cipta Kerja

SBANL selaku Ketua BULD DPD RI jelaskan tujuan dari diadakannya RDP ini adalah untuk memperoleh penjelasan lebih lanjut terkait dengan instrumen perizinan.

Published

on

Proses berjalannya RDP di Kompleks Senayan.

JAKARTA, – Badan Urusan Legislasi Daerah DPD RI (BULD) mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama dengan Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan sert Dirjen Planologi Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Inti pembahasan, yakni masalah kebijakan nasional di bidang lingkungan hidup dan kehutanan, serta implikasinya terhadap kewenangan daerah atas lingkungan hidup dan kehutanan pasca diundangkannya UU Cipta Kerja (UU CK).

Dalam pembukaannya, Stefanus BAN Liow (SBANL) selaku Ketua BULD DPD RI menjelaskan tujuan dari diadakannya RDP ini adalah untuk memperoleh penjelasan lebih lanjut terkait dengan instrumen perizinan.

“Tentunya dengan pengawasan lingkungan hidup dan kehutanan pasca UU Cipta Kerja beserta peraturan pelaksanaannya,” ucap Senator dari Sulawesi Utara SBANL, di Kompleks Parlemen Senayan (21/9/2022).

Tujuan dari RDP ini, kata dia, adalah untuk memperoleh gambaran tentang kebijakan nasional dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan beserta problematikanya.

“Ya, dan untuk memperoleh penjelasan terkait pembagian kewenangan pemerintah pusat dan pemerintahan daerah di bidang lingkungan hidup dan kehutanan,” bebernya.

Tujuan lainnya, yaitu implikasinya terhadap kebijakan atau regulasi lingkungan hidup dan kehutanan di daerah,” ujar Stefanus Liow didampingi Wakil Ketua DPD RI H. Akhmad Kanedi (Bengkulu) dan KH. Amang Syafrudin (Jawa Barat).

Stefanus Liow mengatakan melalui pemaparan dan pembahasan materi menjadi acuan pemantauan dan evaluasi terhadap Ranperda dan Perda terkait perizinan dibidang lingkungan hidup, kehutanan dan pertambangan.

“Tentu dalam kerangka mengharmonisasi legislasi pusat dan daerah, sekaligus membantu mendorong percepatan pembentukan produk hukum daerah demi kepastian hukum bagi efektivitas pembangunan daerah,” ujarnya.

Anggota BULD DPD RI dari Kepulauan Riau Haripinto Tanuwidjaja mempertanyakan mengenai limbah laut dari kapal-kapal yang berdampak pada kondisi pesisir laut namun sampai saat ini belum ada penyelesaian dari Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan.

“Banyak pencemaran laut di Kepulauan Riau, adanya limbah oli di pantai dan banyak sampah plastik dari masyakat, yang ingin ditanyakan adalah bagaimana penanganannya?,” ucap Haripinto.

Hal yang berbeda disampaikan oleh Anggota BULD DPD RI dari Lampung Jihan Nurlela Chalim mempertanyakan proyek strategi nasional dan pembangunan energi.

“Ya, serta mempertanyakan road map sudah sejauh mana dan bagaimana cara membersihkan perairan di Indonesia karena itu berpengaruh pada nelayan kita,” terang Chalim.

“Dalam berbagai proyek strategis nasional dan pembangunan energi apakah ada komunikasi pada pemerintah daerah setempat dan penduduk lokal, dan sudah sejauh mana usaha dalam proses membersihkan perairan kita?,” lanjutnya.

Terkait proyek strategis nasional dan pembangunan energi, Plt. Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL), Ruandha Agung Sugardiman menjelaskan bahwa sudah ada komunikasi dan pelibatan masyarakat.

“Kami sudah melibatkan masyarakat dan sudah berkomunikasi dengan masyarakat perihal proyek strategis nasional dan pembangunan strategis terutama proyek yang berdampak langsung kepada masyarakat dan kami juga melakukan survey,” ungkap Ruandha.

Sementara itu, Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL), Sigit Reliantoro memaparkan mengenai limbah laut dan sampah plastik yang ada di pesisir pantai Kepulauan Riau.

Sigit mengungkapkan bahwa harus ada peraturan yang tetap mengenai limbah plastik.

“Untuk limbah plastik yang ada di pesisir pantai memang harus ada peraturan yang tetap yang melarang penggunaan kantong plastik, dan sektor agroindustri harus didorong untuk menggunakan manager yang mengelola limbah agar mengurangi limbah yang dihasilkan,” jawab Sigit.

Selain Haripunto dan Jihan, sejumlah Senator lainnya, diantaranya Akhmad Kenedi (Bengkulu), Intsiawati Ayus (Riau), Mangku Pastika (Bali), H. Sukiryanto (Kalbar), Muhammad Wartabone (Sulteng) memberikan pertanyaan, pandangan, pendapat dan masukan.

Bahkan, meminta kejelasan dari kedua Dirjen KLH sekitar supaya daerah dalam menyusun Ranperda dan Perda tidak berbenturan dengan regulasi yang lebih tinggi, seperti UU dan Peraturan Pemerintah.

Ichad Ering

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Politik dan Pemerintahan

7 Caleg Terpilih Partai Golkar Tomohon Siap Pasang Badan untuk Kepentingan Rakyat!

Published

on

Gambar Karikatur: Ir Miky Junita Linda Wenur, MAP

TOMOHON, – 7 Putra Putri terbaik Partai Golkar terpanggil untuk jadi petugas Rakyat di Kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tomohon.

Ketua DPD II Partai Golkar Tomohon, Ir Miky Junita Linda Wenur, MAP (MJLW) menyebut, raihan 7 kursi parlemen ini terbilang maksimal dan patut disyukuri.

“Kami sangat mensyukuri pemberian Tuhan atas capaian yang luar biasa ini,” ucap MJLW, didampingi Sekretaris Stenly Lasut dan Bendahara Gerald Lapian, SE, MAP.

Semua ini, kata dia, juga terjadi atas dukungan dan peran masyarakat Tomohon yang telah memberi suara kepada Partai Golkar dan Caleg-calegnya di 4 daerah pemilihan.

Tak luput, kerja keras penyelenggara Pemilu KPUD dan Bawaslu beserta seluruh jajarannya sampai di TPS-TPS, TNI/Polri, Pemerintah, Insan Pers, pengamat bahkan pengurus dari berbagai partai politik peserta Pemilu di Kota Tomohon, terutama elemen masyarakat, sehingga Pemilu berlangsung dengan segala baik.

“Dengan 7 kursi berarti Partai Golkar tetap menjadi Pimpinan DPRD meski tidak lagi ketua tetapi posisi wakil ketua, satu fraksi dan berhak mengusung calon Pilkada Walikota dan Wakil Walikota 2024,” tegas Wenur.

MJLW yang juga Ketua Penasehat TKD, mengungkapkan puji syukur kepada Tuhan atas capaian pemilihan presiden dan wakil presiden yang melebihi target.

“Terimakasih kepada partai koalisi dan masyarakat Tomohon, sehingga Capres dan Cawapres Prabowo-Gibran menang telak di Kota Tomohon melebihi target awal 70%,” imbuhnya.

Miky Wenur pula mengajak, agar senantiasa mengedepankan persatuan dan kesatuan untuk Tomohon Maju, Rakyat Sejahtera dengan rukun dan damai.

“Golkar tetap selalu komitmen dan konsisten berpihak kepada hak-hak dan kepentingan rakyat,” tukasnya.

Continue Reading

Politik dan Pemerintahan

Raih Kursi DPRD di Tomohon Barat, Feybie Simbar: Berkat Kemurahan Tuhan

Published

on

Feybie Vonny Simbar

TOMOHON, – Kursi Parlemen kian hangat, usai ‘pertarungan’ di tempat pengumutan suara (TPS) terakhir yang akhirnya dimenangkan oleh Feybie Vonny Simbar, dari partai Golkar.

Simbar akui, hasil akhir yang memantapkan dirinya di Kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tomohon merupakan berkat kemurahan Tuhan.

Sembari menunggu Quick count pemilihan legislatif (Pileg) di Tomohon Barat, Srikandi Woloan itu terus mengutamakan Doa dan kepercayaan diri.

“Kebaikan Tuhan terus mengalir untuk saya dan masyarakat Tomohon Barat. Ia tak perna meninggalkan kami. Buktinya, Doa kami terjawab, setelah mendengar hasil akhir yang akhirnya mempercayai saya sebagai wakil rakyat,” ungkap Simbar.

Atas terpilihnya Feybie Vonny Simbar di DPRD Tomohon, ia menekankan akan menjadi politisi yang benar-benar bekerja untuk rakyat.

“Kepercayaan masyarakat akan saya manfaatkan sebaik mungkin. Sudah sekian puluh tahun saya dibanjiri aspirasi masyarakat. Ini adalah jalan dan waktu untuk saya menyuarakan kepentingan rakyat,” tutur Simbar, didampingi sang suami, Des Elfie Runtu, Kamis (15/2/2024).

Ditekankannya pula, segala kebutuhan hidup keluarganya sudah pas, dan terpenuhi. Kini, kebutuhan masyarakat yang akan ia bawa di gedung parlemen.

“Mau sampai kapan lagi masyarakat menjerit, apalagi soal keadilan? Saya siap berjuang tak henti-hentinya demi rakyat. Sudah saatnya kesejahteraan dan keadilan ada di rakyat,” terang Simbar.

Lebih lanjut, ia kembali menegaskan, kepercayaan masyarakat untuknya, jadi tugas mulia untuk kemakmuran rakyat. Tak hanya untuk woloan raya, melainkan dari ujung Tara-tara raya.

“Ya, akan saya jembatani, dan kawal semua aspirasi dan kebutuhan hidup masyarakat!,” tukas Simbar.

Continue Reading

Politik dan Pemerintahan

Momen Kampanye Golkar Tomohon, JESJO jadi ‘Sarang’ Pendukung Gen-Z dan Milenial!

Published

on

Jesjo saat orasi di kampanye tatap muka partai Golkar Tomohon

TOMOHON, – Djemmy Jerry Sundah, SE yang dikenal dengan sebutan Jesjo, dihantar ribuan Generasi muda saat kampanye partai Golkar Tomohon, Jumat (9/2/2024).

Antusiasme para milenial Jesjo terdengar bergemuruh saat memasuki lapangan Woloan 3, Tomohon Barat, lokasi kampanye tatap muka partai Golkar Tomohon.

Makin meriah, saat Jesjo memasuki area lapangan, menuju ke panggung Kampanye. Yel-yel serta iringan lagu “Jesjo” terus bergema.

Ditengah jalannya kampanye yang diselimuti panas tajam, tak memutus semangat para milenial. Ini membuktikan, Jesjo dikagumi oleh ribuan pendukung generasi emas.

Tak kalah saing, pendukung Jesjo yang sudah lanjut usia pun ikut meneriaki kemenangan untuk Caleg DPRD Tomohon, nomor urut 1, di Dapil Tomohon Selatan itu.

Dalam orasinya, Jesjo menekankan siap mengumpulkan kekuatan penuh, untuk melanjutkan tekat dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Masih banyak keluhan masyarakat, terlebih soal keadilan. Contoh saja bantuan sosial yang tidak tepat sasaran. Bahkan, ada penerima yang digeser,” beber Jesjo.

Dirinya menuturkan, masih banyak hal yang harus ia lakukan untuk kesejahteraan masyarakat. “Banyak aduan yang harus kita kawal dan selesaikan. Ya, kita selesaikan penderitaan rakyat!,” tegas Jesjo, disambut jeritan semangat para pendukungnya.

Tak lupa, Jesjo mengingatkan pendukungnya, untuk memenangkan Capres Prabowo Subianto, dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 14 Februari nanti.

Dari pemantauan media ini, usai kampanye tatap muka partai Golkar Tomohon, Jesjo mengarahkan pendukung milenialnya, untuk membersihkan lapangan, sebelum melakukan konvoi.

Continue Reading

TRENDING