Connect with us

Berita Terkini

Beritakan 303, Wartawan Manado Post Dijemput Paksa Oknum Polres Tomohon, PWI SULUT Angkat Bicara!

Pihaknya menyayangkan aksi penjemputan paksa yang dilakukan oleh sejumlah oknum anggota Polres Tomohon terhadap Wartawan Manado Post.

Published

on

Ketua PWI Sulut dan Wakil ketua bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan

SULUT,Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulut mengecam aksi sejumlah oknum anggota Polres Tomohon yang melakukan penjemputan paksa terhadap Wartawan Koran Harian Manado Post Julius Laatung (JW), Sabtu (29/10).

Hal itu diungkapkan oleh Ketua PWI Sulut Drs. Voucke Lontaan melalui Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan, Adrianus Robert Pusungunaung (Adrian).

Pihaknya menyayangkan aksi penjemputan paksa yang dilakukan oleh sejumlah oknum anggota Polres Tomohon terhadap Wartawan Manado Post JW di kediamannya di Perumahan Griya bangun Tomohon lestari 2 Kelurahan Lansot, Tomohon Selatan.

Adapun penjemputan tersebut diduga terkait pemberitaan di Koran Harian Manado Post terbitan Rabu (18/10) dengan judul berita Togel yang Diduga Kembali “Subur” di Wilhum Polres Tomohon.

Lebih memiriskan lagi, saat dijemput Paksa Wartawan JL yang juga adalah anggota PWI Sulut, langsung digiring ke Mapolres Tomohon dan langsung di lakukan pemeriksaan di ruang reskrim Polres.

Menurut Adrian, bahwa sesungguhnya berdasarkan Pasal 8 UU no 40 tahun 1999 tentang Pers, menyebutkan wartawan dalam menjalankan profesinya dilindungi.

Artinya, kata Adrian, selama wartawan menjalani profesinya secara benar tidak dapat dipidana kan atas karyanya.

Kemudian, lanjutnya, MoU antara Kapolri dan Dewan Pers, sewaktu Hari Pers Nasional Tahun 2017 di Kota Ambon, yang disaksikan Presiden RI Joko Widodo, isinya antara lain kemerdekaan pers harus dilindungi sesuai Undang -Undang no 40 tahun 1999 tentang pers.

“Kalaupun pihak Polres Tomohon merasa dirugikan akibat munculnya pemberitaan tersebut, seharusnya dilakukan klarifikasi dan hak jawab,” tegas Adrian.

Ditambahkan Adrian, Polisi juga seharusnya tidak boleh memaksa Wartawan untuk membocorkan sumber berita, itu di atur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik BAB 1 Ketentuan Umum Pasal 1 ayat 10 yang berbunyi, “Hak Tolak adalah hak wartawan karena profesinya, untuk menolak mengungkapkan nama atau identitas lainnya dari sumber berita yang harus dirahasiakannya”.

“Jadi jika memang ada pemberitaan yang merugikan nama baiknya, seharusnya dilakukan hak Jawab, bukan di jemput Paksa seperti itu,” pinta Adrian.

Terkait Penjemputan Paksa yang di lakukan oleh anggota Polres Tomohon, Adrian mengecam keras serta meminta Propam Polda Sulut untuk melakukan pemeriksaan terhadap anggota Polres yang terlibat dalam penjemputan Paksa tersebut.

Terpisah, Kapolres Tomohon AKBP Arian Primadanu Colibrito kepada Wartawan membantah keras penjemputan paksa terhadap Wartawan Manado Post JL.

“Itu tidak benar, paling mau minta info mengenai 303 yang katanya masih banyak.
karna berarti kita kecolongan, karna perintah saya jelas semua harus ditangkap, Berarti mis komunikasi itu,” ujar Kapolres.

“Yang bersangkutan tidak ada ditangkap, Mereka cuma cari info apa benar masih banyak 303 diwilayah hukum Polres Tomohon, karna kalau benar serse mau bergerak untuk melaksanakan pembubaran dan penangkapan,” tukasnya.

***

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini

AKP Adrianus Untu Berpulang, Kapolda Sulut: Terimakasih atas Jasa dan Pengabdian

Published

on

Suasana Rumah Duka AKP Adrianus Untu

TOMOHON, – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol. Yudhiawan, SH, SIK, MH, MSi bersama Polres Tomohon kucurkan sumbangan duka atas berpulangnya AKP Adrianus Untu, SH.

Saat itu rombongan Polda Sulut bersama Kapolres Tomohon AKBP Lerry Ronald Tutu, SIK MM melayat di rumah duka, di Kel. Winangun, Kec. Malalayang, Kota Manado, pada Senin (26/2/2024).

Dalam pelaksanaan kegiatan sambang duka, Kapolda Sulut memberikan santunan duka kepada keluarga almarhum AKP Andrianus Y. Untu, S.H yang di terima istri almarhum Meity Untu – Lengkong.

Dalam pemaparannya, Kapolda Sulut melalui Kapolres Tomohon menjelaskan, Giat sambang ini merupakan bukti kepedulian organisasi dan Pimpinan Polri.

“Ya, Kapolda mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya atas jasa Almarhum selama mengabdi sebagai anggota Polri dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat,” terang Kapolres.

Dalam Kegiatan sambang duka, kata Kapolres, Kapolda juga mendoakan semoga Almarhum diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa.

Diketahui, jabatan terakhir almarhum AKP Andrianus Y. Untu, S.H, yakni Kasubbagdalops Bag Ops Polres Tomohon, sebelumnya pernah menjabat sebagai Kapolsek Tomohon Utara.

Kapolda Sulut saat melakukan sambang duka, diikuti oleh Karo Ops Polda Sulut KBP KBP Mugi Sekar Jaya, Karo SDM Polda Sulut KBP KBP Ari Wahyu Widodo, Dir Samapta Polda Sulut KBP I Gust Putu Gede Ekawana Prasta, S.I.K, Kabid Propam Polda Sulut KBP KBP Reindolf Unmehopa.

Richard Ering

Continue Reading

Berita Terkini

Salut! Polres Tomohon Boyong Dua Penghargaan dari Kementerian Keuangan

Published

on

Penghargaan Polres Tomohon oleh Kementerian Keuangan

TOMOHON, – Kapolres Tomohon AKBP Lerry Ronald Tutu, SIK MM menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Rabu (21/2/2024).

Bertempat di Lantai 6 gedung keuangan negara Manado, Polres Tomohon jadi peringkat pertama Satuan Kerja (Satker), dengan nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) terbaik tahun 2023, kategori Pagu besar.

Penyerahan pun dilakukan langsung oleh Kementrian Keuangan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Manado.

Bukan hanya itu, Kapolres juga menerima penghargaan satuan kerja terbaik dalam penyampaian LPJ pengeluaran triwulan III tahun 2023.

Lerry menuturkan, penghargaan yang di peroleh Polres Tomohon hari ini, merupakan hasil kerja dari seluruh personel Polres Tomohon, terutama dalam hal pengelolaan anggaran.

“Semoga dengan adanya penghargaan ini, akan memotivasi kami Polres Tomohon dalam pengelolaan anggaran di Polres Tomohon untuk lebih baik lagi,” terangnya.

Atas penghargaan itu, ia berterima kasih kepada Kementrian Keuangan Republik Indonesia, melalui KPPN Manado yang telah memberikan kepercayaan dan reward kepada Polres Tomohon.

“Semoga ke depan reward yang diberikan ini dapat dipertahankan dan akan menjadi dasar untuk pengelolaan anggaran di Polres Tomohon semakin baik lagi,” tukasnya.

Continue Reading

Berita Terkini

Besok, Legio Christi Kevikepan Tomohon Bakal Rayakan Pesta Nataru!

Published

on

Pastor Paroki Santo Joseph Sarongsong Rheinner Saneba Pr

TOMOHON, – Legio Christi (LC) Keuskupan Manado Kevikepan Tomohon, bakal gelar Pesta Natal dan Tahun Baru (Nataru) pada Senin (8/01/2024) besok, di Paroki Santo Joseph Sarongsong.

Pastor Paroki Santo Joseph Sarongsong Rheinner Saneba Pr, pada kesempatan itu mengajak seluruh Legioner se-Kevikepan Tomohon untuk ambil bagian serta turut mensukseskan perayaan Natal dan Tahun Baru Legio Christi ini.

“Dalam komando ketaatan komunikasi, saya mengajak semua Legio Christi yang ada di Kevikepan Tomohon untuk kita berhimpun bersama membangun kebersamaan dan persekutuan, dalam perayaan Natal dan Tahun Baru pada pukul 17.00 WITA sampai selesai di Gereja Katolik St Joseph Sarongsong.” kata Pastor yang akrab disapa Rhesa.

Pada kesempatan itu, Pastor Rhesa juga mengajak kita semua untuk memaknai sukacita perayaan Natal dan mengambil contoh teladan Tuhan Yesus yang berani menjadi manusia mengosongkan diri untuk membawah keselamatan kepada seluruh dunia.

“Legio Christi sebagai Pasukannya Tuhan Yesus, diharapkan menjadi yang terdepan dalam bidang pemberian diri yang kita sudah sepakati dalam semangat komando ketaatan dan komunikasi.” Pastor Rhesa yang juga sebagai Anggota Dewan Provinsial LC Keuskupan Manado, Penasehat Rohani LC Keuskupan Manado.

Lanjutnya, pada tanggal 8 Januari 2024 nanti kita berjumpa, pertama-tama menguatkan dalam perayaan Ekaristi Kudus, kemudian membangun tali silaturahmi untuk semangat kebersamaan dalam rangka pelayanan kita, ditengah-tengah Paraki dimana kita berada.

“Saya tunggu kehadiran anda teman-teman di Paroki Santo Joseph Sarongsong untuk kita bersukaria, bersaudara, dan membangun resolusi bersama untuk menjadi berkat bagi gereja dan masyarakat.” tutup Pastor Rhesa.

Pada Perayaan Misa akan dipimpin oleh Uskup Keuskupan Manado Mgr. Estephanus Benedictus Rolly Untu MSC didampingi Pastor Paroki Santo Joseph Sarongsong Rheinner Saneba Pr dan para pastores di Kevikepan Tomohon.

Perayaan Natal bersama LC Keuskupan Manado Kevikepan Tomohon ini, dirangkaikan juga dengan Misa Hari Ulang Tahun Imamat ke-30 dari Pastor Paroki Rheinner Saneba Pr.

Continue Reading

TRENDING