Connect with us

Berita Terkini

Dian Purnomo, Novelis yang Rela Ilmunya Dibayar dengan Pelestarian Lingkungan di Tomohon

Penulis buku Dian Purnomo berjudul “Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam” itu rela bagikan ilmunya dengan bayaran pelestarian Lingkungan Hidup.

Published

on

Ilustrasi: Novelis, Dian Purnomo.

TOMOHON, – Nuansa Alam Kota Tomohon, dengan suhu yang teramat sejuk, menarik perhatian Novelis ternama Dian Purnomo.

Pasalnya, ketika mengunjungi Tomohon, penulis buku berjudul “Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam” itu rela bagikan ilmunya dengan bayaran pelestarian Lingkungan Hidup.

“Diskusi ini nggak gratis, kalian harus bayar. Ya, bayar dengan melestarikan Lingkungan Hidup di Tomohon,” ungkap Mbak Dian sapaan akrabnya, ketika bertatap muka dengan Penulis-penulis didataran kaki gunung Lokon.

Mantan pekerja radio yang dibesarkan oleh grup Prambors dan FeMale ini menyebut, nuansa Alam di Kota Tomohon harus terus dilestarikan. Dia berpesan, akan menagih bayaran yang telah membeli ilmunya itu.

“Saya akan menagih bayaran itu. Saya minta, tuliskan cerita dan sertai foto kegiatanmu sedang melestarikan lingkungan hidup,” pintanya, Jumat (09/8/2022).

Dian juga bercerita, kunjungannya di Tomohon merupakan kesan yang amat baik. Sebab, dataran yang dikelilingi dengan gunung-gunung hijau, sangat memanja mata penulis itu.

Tak hanya kagum dengan alam, wanita kelahiran 19 Juli 1976 itu mengaku bangga dengan kemampuan Penulis-penulis di Tomohon.

Hal itu dikatakan Dian, ketika berdiskusi dengan komunitas Literasi MAPATIK dan PUKKAT, dengan pembahasan Novel karyanya yang berhasil menempuh lebih dari 11.000 copy.

Dari pemantauan media ini, diskusi itu berlangsung seru. Segala masukan dan sharing tentang penulisan terpapar secara sambung-menyambung.

Diakhir sekmen, Dian Purnomo memberi tantangan menarik kepada para penulis. Dia meminta sebuah tulisan paragraf tentang kehidupan masa kecil, dan kehidupan tentang sebuah kegelisahan saat ini.

Tantangan itu pun diterima para penulis. Tak lebih dari setengah jam, tantangan Dian Purnomo tuntas, dan membuat penulis cantik itu terkagum-kagum.

“Meski capek karena harus lewati perjalanan yang terbilang jauh, saya tetap merasa terhibur dan semangat ketika berdiskusi dengan teman-teman,” tutur Dian, penulis yang telah menulis 9 novel dan antologi cerita pendek.

Dian berharap, ketika mengikuti diskusi penulisan ini, penulis-penulis Tomohon dapat melahirkan karya tulis baru. “Jangan simpen sendiri karyamu. Tetap menulis, kemudian terbitkan!,” tegasnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan diskusi “Belajar Menulis Bersama Dian Purnomo”, dihadiri oleh para pegiat Sastra dan Literasi Tomohon – Minahasa. Bertempat di Sekertariat PUKKAT, dan berlangsung kurang lebih 5 Jam.

Penulis: Richard Ering.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini

AKP Adrianus Untu Berpulang, Kapolda Sulut: Terimakasih atas Jasa dan Pengabdian

Published

on

Suasana Rumah Duka AKP Adrianus Untu

TOMOHON, – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol. Yudhiawan, SH, SIK, MH, MSi bersama Polres Tomohon kucurkan sumbangan duka atas berpulangnya AKP Adrianus Untu, SH.

Saat itu rombongan Polda Sulut bersama Kapolres Tomohon AKBP Lerry Ronald Tutu, SIK MM melayat di rumah duka, di Kel. Winangun, Kec. Malalayang, Kota Manado, pada Senin (26/2/2024).

Dalam pelaksanaan kegiatan sambang duka, Kapolda Sulut memberikan santunan duka kepada keluarga almarhum AKP Andrianus Y. Untu, S.H yang di terima istri almarhum Meity Untu – Lengkong.

Dalam pemaparannya, Kapolda Sulut melalui Kapolres Tomohon menjelaskan, Giat sambang ini merupakan bukti kepedulian organisasi dan Pimpinan Polri.

“Ya, Kapolda mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya atas jasa Almarhum selama mengabdi sebagai anggota Polri dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat,” terang Kapolres.

Dalam Kegiatan sambang duka, kata Kapolres, Kapolda juga mendoakan semoga Almarhum diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa.

Diketahui, jabatan terakhir almarhum AKP Andrianus Y. Untu, S.H, yakni Kasubbagdalops Bag Ops Polres Tomohon, sebelumnya pernah menjabat sebagai Kapolsek Tomohon Utara.

Kapolda Sulut saat melakukan sambang duka, diikuti oleh Karo Ops Polda Sulut KBP KBP Mugi Sekar Jaya, Karo SDM Polda Sulut KBP KBP Ari Wahyu Widodo, Dir Samapta Polda Sulut KBP I Gust Putu Gede Ekawana Prasta, S.I.K, Kabid Propam Polda Sulut KBP KBP Reindolf Unmehopa.

Richard Ering

Continue Reading

Berita Terkini

Salut! Polres Tomohon Boyong Dua Penghargaan dari Kementerian Keuangan

Published

on

Penghargaan Polres Tomohon oleh Kementerian Keuangan

TOMOHON, – Kapolres Tomohon AKBP Lerry Ronald Tutu, SIK MM menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Rabu (21/2/2024).

Bertempat di Lantai 6 gedung keuangan negara Manado, Polres Tomohon jadi peringkat pertama Satuan Kerja (Satker), dengan nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) terbaik tahun 2023, kategori Pagu besar.

Penyerahan pun dilakukan langsung oleh Kementrian Keuangan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Manado.

Bukan hanya itu, Kapolres juga menerima penghargaan satuan kerja terbaik dalam penyampaian LPJ pengeluaran triwulan III tahun 2023.

Lerry menuturkan, penghargaan yang di peroleh Polres Tomohon hari ini, merupakan hasil kerja dari seluruh personel Polres Tomohon, terutama dalam hal pengelolaan anggaran.

“Semoga dengan adanya penghargaan ini, akan memotivasi kami Polres Tomohon dalam pengelolaan anggaran di Polres Tomohon untuk lebih baik lagi,” terangnya.

Atas penghargaan itu, ia berterima kasih kepada Kementrian Keuangan Republik Indonesia, melalui KPPN Manado yang telah memberikan kepercayaan dan reward kepada Polres Tomohon.

“Semoga ke depan reward yang diberikan ini dapat dipertahankan dan akan menjadi dasar untuk pengelolaan anggaran di Polres Tomohon semakin baik lagi,” tukasnya.

Continue Reading

Berita Terkini

Besok, Legio Christi Kevikepan Tomohon Bakal Rayakan Pesta Nataru!

Published

on

Pastor Paroki Santo Joseph Sarongsong Rheinner Saneba Pr

TOMOHON, – Legio Christi (LC) Keuskupan Manado Kevikepan Tomohon, bakal gelar Pesta Natal dan Tahun Baru (Nataru) pada Senin (8/01/2024) besok, di Paroki Santo Joseph Sarongsong.

Pastor Paroki Santo Joseph Sarongsong Rheinner Saneba Pr, pada kesempatan itu mengajak seluruh Legioner se-Kevikepan Tomohon untuk ambil bagian serta turut mensukseskan perayaan Natal dan Tahun Baru Legio Christi ini.

“Dalam komando ketaatan komunikasi, saya mengajak semua Legio Christi yang ada di Kevikepan Tomohon untuk kita berhimpun bersama membangun kebersamaan dan persekutuan, dalam perayaan Natal dan Tahun Baru pada pukul 17.00 WITA sampai selesai di Gereja Katolik St Joseph Sarongsong.” kata Pastor yang akrab disapa Rhesa.

Pada kesempatan itu, Pastor Rhesa juga mengajak kita semua untuk memaknai sukacita perayaan Natal dan mengambil contoh teladan Tuhan Yesus yang berani menjadi manusia mengosongkan diri untuk membawah keselamatan kepada seluruh dunia.

“Legio Christi sebagai Pasukannya Tuhan Yesus, diharapkan menjadi yang terdepan dalam bidang pemberian diri yang kita sudah sepakati dalam semangat komando ketaatan dan komunikasi.” Pastor Rhesa yang juga sebagai Anggota Dewan Provinsial LC Keuskupan Manado, Penasehat Rohani LC Keuskupan Manado.

Lanjutnya, pada tanggal 8 Januari 2024 nanti kita berjumpa, pertama-tama menguatkan dalam perayaan Ekaristi Kudus, kemudian membangun tali silaturahmi untuk semangat kebersamaan dalam rangka pelayanan kita, ditengah-tengah Paraki dimana kita berada.

“Saya tunggu kehadiran anda teman-teman di Paroki Santo Joseph Sarongsong untuk kita bersukaria, bersaudara, dan membangun resolusi bersama untuk menjadi berkat bagi gereja dan masyarakat.” tutup Pastor Rhesa.

Pada Perayaan Misa akan dipimpin oleh Uskup Keuskupan Manado Mgr. Estephanus Benedictus Rolly Untu MSC didampingi Pastor Paroki Santo Joseph Sarongsong Rheinner Saneba Pr dan para pastores di Kevikepan Tomohon.

Perayaan Natal bersama LC Keuskupan Manado Kevikepan Tomohon ini, dirangkaikan juga dengan Misa Hari Ulang Tahun Imamat ke-30 dari Pastor Paroki Rheinner Saneba Pr.

Continue Reading

TRENDING