Connect with us

Politik dan Pemerintahan

Duet Ladys Turang-Toar Polakitan, Paparkan Ranperda Inisiatif DPRD Tomohon 2024

Published

on

Suasana sosialisasi Propemperda oleh kedua legislator Milenial kota Tomohon

TOMOHON, – Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon sosialisasikan Program Pembentukan Daerah (Propemperda) Tomohon 2024 di Alamanda, Bukit Doa Mahawu.

Kegiatan yang merangkul 100 peserta dari kecamatan Tomohon Utara itu menerima edukasi dari kedua legislator Milenial Ladys Turang dan Toar Polakitan, Jumat (8/12/2023)

Dalam pemaparannya, Ladys menjelaskan terdapat 13 ranperda dalam Propemperda 2024, dan 6 diantaranya adalah inisiatif DPRD Tomohon.

“Ya, ada 6 Ranperda yang jadi inisiatif DPRD Tomohon. Masing-masing Komisi terdapat 2 perda inisiatif,” tutur Ladys.

Dijelaskan, perda inisiatif Komisi I yakni Lembaga pemberdayaan masyarakat, sejarah kota Tomohon. Kemudian perda inisiatif Komisi II yakni keterbukaan informasi publik, dan tanggung jawab sosial perusahaan.

Sementara, untuk perda inisiatif Komisi III, yakni pembinaan pengawasan hygiene sanitasi makanan dan minuman bagi restoran, rumah makan, dan makanan jajanan lainnya, serta perda penyelenggaraan keolahragaan.

Toar Polakitan sendiri menjabarkan soal usulan ranperda pemerintah kota Tomohon. Yakni, perizinan perusaha daerah, lahan pertanian berkelanjutan.

“Kemudian, ada juga pertangungjawaban APBD 2023, penyelenggaraan penanggulangan bencana, RPJPD tahun 2025- 2045, Perubahan APBD tahun anggaran 2024, serta APBD tahun anggaran 2025,” beber Toar.

Kedua politisi Partai Golkar itu berharap, agar sosialisasi ini dapat diteruskan bagi masyarakat yang tak sempat hadir.

Ini, kata mereka, merupakan upaya untuk kemajuan kota Tomohon, lewat mengawal dan mengatur kepentingan masyarakat,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *