Connect with us

Politik dan Pemerintahan

Kaesang dan Istri Kenakan Baju Adat Kawasaran-Minahasa saat Upacara di Istana

Published

on

Kesang Pangarep dan Erina Gudono menggunakan baju adat Minahasa

JAKARTA, – Upaca peringatan hari ulang tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia, Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep jadi pusat perhatian.

Betapa tidak, Kaesang hadir bersama istrinya, Erina Gudono, memakai baju adat Kawasaran dari Minahasa, Sulawesi Utara.

Lansiran Detikcom, Prosesi jalannya rangkaian upacara bisa dilihat melalui YouTube Sekretariat Presiden. Kamis (17/8/2023),

Tampak Kaesang dan Erina duduk bersebelahan dan menyatu dengan para tamu undangan lainnya.

Melalui akun Instagram pribadinya, Erina Gudono menjelaskan makna di balik baju adat yang dikenakan.

Erina menyampaikan baju adat Kawasaran ini dipakai sebagai bentuk penghormatan terhadap para waraney atau kesatria.

“Kami memakai baju kawasaran sebagai lambang penghormatan kami kepada para WARANEY (ksatria) bangsa yang telah berjuang melawan penjajah,” jelasnya.

“Kami nyalakan jiwa muda ksatria WARANEY untuk melanjutkan perjuangan memajukan bangsa,” kata Erina dalam Instagram pribadinya, @erinagudono, Kamis (17/8/2023).

Erina menjelaskan Kawasaran sendiri merupakan tradisi leluhur Suku Minahasa serta merupakan tarian Kesatria Minahasa yang disebut Waraney.

“Mulanya Kawasaran dilakukan untuk menjalankan ritual Mahsasau. Kawasaran ‘kawak’ yang berarti ‘melindungi’ dan ‘asaran’ yang berarti ‘sama atau berlaku seperti’ artinya, Kawasaran menjadi sama seperti leluhur di masa lalu, menjadi pelindung tanah, pelindung negeri, pelindung kehidupan,” ucapnya.

“Bagian dasar baju adalah kayu alam yang diikat dengan kain tenun pampele dan dipadu-padankan dengan kain tenun kaiwu patola. Tata busana dan aksesoris dibuat mengacu pada sustainable fashion dan tidak menggunakan materi hewan asli,” sambungnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *