Connect with us

Hukum dan Kriminal

Soal Pejabat yang ‘Diperas’ Wartawan, Ketua PWI Tomohon: Tangkap jika Benar!

Published

on

Ketua PWI Tomohon, Terry Alfrits Wagiu

TOMOHON, – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tomohon, Terry Alfrits Wagiu meminta kepada masyarakat, termasuk pejabat untuk melapor ke Polisi jika ada wartawan melakukan pemerasan.

Hal itu diungkapkan Terry terkait adanya isu pemerasan yang diduga dilakukan oknum wartawan, terhadap pejabat baru-baru ini.

“Jika pemerasan itu benar adanya, perilaku oknum wartawan tersebut sangat memalukan,” ungkap Terry Wagiu, didampingi Sekretaris PWI Tomohon, Melky Karwur, Sabtu (24/6/2023).

Menurutnya, kalau ada pejabat yang merasa menjadi korban dari pemerasan oknum wartawan, silahkan adukan ke pihak berwajib. “Itu jelas melanggar hukum,” ucap Terry.

Ia pun meminta kepada penegak hukum untuk menjalankan proses sesuai aturan jika ada masyarakat, termasuk pejabat yang mengadukan kasus pemerasan oleh wartawan.

“Penegak hukum jangan pandang bulu. Jika ada laporan dan terbukti melakukan pemerasan, tangkap oknum wartawan tersebut dan proses hukum,” tegas Ketua KNPI Tomohon Selatan itu.

Dikatakan, PWI Tomohon sangat mengecam cara-cara kotor seperti itu. Ia berharap, jajaran pengurus maupun anggota PWI Tomohon untuk tidak melakukan hal memalukan tersebut.

“Pengurus maupun anggota PWI Tomohon jangan sampai melakukan pemerasan. Cara itu jelas melanggar etika dan mencemarkan nama baik organisasi sesuai pasal 8 Peraturan Dasar PWI,” bebernya.

Ditegaskan, jika dilakukan oleh pengurus atau anggota PWI Tomohon, pihaknya akan mengambil tindakan tegas sesuai aturan organisasi wartawan tertua di Negara Indonesia itu.

“Berarti melakukan pelanggaran berat, Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga PWI, Kode Perilaku Wartawan dan Kode Etik Jurnalistik,” terangnya.

Meski begitu, Terry Wagiu bersyukur. Sebab, kata dia, hingga kini tidak ada anggota PWI Tomohon yang pernah terlibat dengan kasus pemerasan.

“Saya bersyukur, sampai detik ini tidak ada anggota PWI Tomohon yang terlibat pemerasan. Saya minta kepada pengurus dan anggota untuk terus menjaga marwah PWI,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *