Connect with us

Politik dan Pemerintahan

Sambut Idul Fitri, Kapolres Tomohon Cek Kesiapan Pos-pos Pengamanan Hari Raya

Published

on

Situasi pengamanan di Pos jaga keamanan IdulFitri

TOMOHON, – Kapolres Tomohon AKBP Arian Primadanu Colibrito, S.I.K., M.H., melakukan pengecekan kesiapan pos-pos pengamanan dan pelayanan, serta Personil yang melaksanakan tugas.

Kapolres yang saat itu didampingi Waka Polres Kompol Ferdinand Runtu, S.H., menyebut pelaksanaan pengamanan, bukan hanya pada saat pelaksanaan hari raya saja.

“Ya, tapi semenjak diberlakukannya operasi Ketupat Samrat 2023, yang terhitung tanggal 18 April 2023 hingga 1 Mei 2023, pengamanan sudah dilaksanakan,” ucap Kapolres, Kamis (20/4/2023).

Dia melanjutkan, pengamanan yang dilakukan oleh jajaran Polres Tomohon, bertujuan untuk memberikan rasa aman, kepada masyarakat khususnya umat muslim yang ada di wilayah Hukum Polres Tomohon.

“Tak lama lagi, akan merayakan hari raya Idul Fitri, dan juga bagi masyarakat yang akan melewati wilayah Hukum Polres Tomohon,” tuturnya.

Hal ini, kata dia, kita tahu bersama, Kota Tomohon merupakan jalur perlintasan, menuju ke beberapa Kabupaten yang ada di Sulawesi Utara.

Jadi, lanjut Kapolres, untuk terciptanya rasa aman ini, dalam pelaksanaan operasi Ketupat Samrat tahun 2023, jajaran Polres Tomohon melibatkan 224 Personil, dan mendirikan 4 Pos pengamanan.

Titiknya, berada di Kelurahan Kinilow Wilayah Polsek Tomohon Utara, Pusat Kota Tomohon, Kelurahan Tumatangtang Kecamatan Tomohon Selatan dan Tanawangko Polsek Tombariri).

“Serta 1 pos pelayanan yang ada kompleks Terminal beriman dan pasar Wilken Tomohon,” beber Kapolres.

Setiap pos pengamanan dan pos pelayanan, dirinya menyebut, ditempatkan satu orang Perwira sebagai penanggung jawab, dengan jumlah Personil 78 orang yang di bagi di setiap pos yang ada, dan di dukung oleh unsur TNI, Dishub, Dinkes, BPBD, Pol. PP dan linmas.

Tugas yang harus dilakukan oleh Personil yang melaksanakan tugas, baik di pos pam maupun pos yan, adalah untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Tak hanya itu, ditugaskan juga untuk mengatur arus lalulintas agar tidak terjadi kemacetan, melakukan patroli, mendatangi TKP dan tugas Kepolisian lainnya.

“Saya juga berharap kepada seluruh masyarakat, khususnya para pemudik yang akan melewati wilayah Hukum Polres Tomohon, apalagi yang menggunakan kendaraan bermotor,” ketus Kapolres.

Ini, kata Kapolres, agar terjaganya keselamatan saat berkendara, patuhi aturan lalulintas yang ada, jika merasa lelah, silahkan beristirahat di pos-pos, Polsek atau Polres yang akan di lewati.

“Tetap menjaga situasi kamtibmas yang ada, dan jangan lupa, bagi yang akan mudik perhatikan keamanan rumah masing-masing, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tegasnya.

“Semoga perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H di tahun ini bisa berjalan dengan aman dan lancar, dan bisa menjadi berkat bagi kita semua”, pungkas AKBP Arian Primadanu Colibrito, S.I.K., M.H.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *