Connect with us

Berita Terkini

Dikawal Personil Polri, Kapolri Lepas 23 Ribu Pemudik dalam Program Mudik Gratis

Published

on

Pelepasan 23 Ribu Pemudik dalam Program Mudik Gratis

JAKARTA, – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama dengan stakeholder terkait resmi melepas 434 bus yang mengangkut masyarakat untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing dalam program ‘Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2023’.

Program mudik bersama yang digagas oleh Polri tersebut dilepas di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa, 18 April 2023.

“Mudik Gratis Polri Presisi, dimana kegiatan ini adalah merupakan salah satu upaya kita sesuai arahan Pak Menhub untuk bagaimana, kita mengurangi beban kapasitas dari jalan tol dan arteri dengan mengadakan program mudik gratis ini,” kata Sigit usai melepas rombongan program mudik gratis Polri Presisi.

Sigit memaparkan, dalam program ‘Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2023’ disiapkan 434 bus yang mengangkut sebanyak 23 ribu pemudik, dengan tujuan ke empat provinsi dan 14 kabupaten.

“Ada 23 ribu pemudik yang akan kita berangkatkan ke tujuan mudik masing-masing di 4 provinsi dan 14 kabupaten di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, kemudian DIY dan 434 bus yang digunakan untuk mengantar,” ujar Sigit.

Dengan banyaknya warga yang ikut dalam program mudik gratis ini, Sigit menekankan bahwa, semakin menekan angka volume kendaraan baik roda empat maupun dua di jalan raya.

Oleh sebab itu, Sigit menjelaskan, dari tahun ke tahun, Polri rutin mengadakan program mudik gratis bagi masyarakat yang ingin pulang kampung merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga.

“Sehingga kemudian jumlah kendaraan pribadi, baik roda dua dan empat yang akan digunakan di jalan bisa dikurangi dan bisa kita alihkan dengan program mudik bersama,” ucap Sigit.

Lebih dalam, Sigit juga memastikan bahwa, masyarakat yang ikut dalam program mudik gratis ini dari segi keselamatannya akan terjamin. Mengingat, sepanjang perjalanan personel kepolisian akan melakukan pengawalan hingga tempat tujuan.

“tentunya juga program ini dalam perjalanannya dikawal personel. Sehingga dari sisi keselamatan, keamanan dan kenyamanan tentu kita harapkan lebih baik,” tutur Sigit.

Dengan adanya pengawalan dari personel polisi, Sigit menuturkan bahwa, hal itu juga akan mengurang risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan.

“Harapan kita program ini bisa membantu terhadap masyarakat yang akan mudik dan juga mengurangi risiko-risiko terkait penambahan beban kapasitas. Dan juga harapan kita risiko laka lantas di jalan bisa kita kurangi. Mudah-mudahan seluruh rangkaian bisa berjalan aman lamcar dan selamat,” papar Sigit.

Disisi lain, Sigit menyebut, program ini tidak hanya akan diselenggarakan pada saat arus mudik. Melainkan, nantinya juga akan disiapkan untuk momentum arus balik.

“Program mudik gratis kita berangkatkan 434 bus yang menampung 23 ribu. Harapan kita baliknya juga bisa kita upayakan sama namun demikian tergantung kapasitas yang ada di daerah masing-masing. Kita optimalkan semaksimal mungkin sehingga harapan masyarakat yang ikut mudik gratis nanti pada saat kembali bisa ikut program balik,” jelas Sigit.

Kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi program mudik gratis yang digagas oleh Polri. Menurutnya, ini merupakan langkah konkret untuk mengurangi beban jalan.

“Kita apresiasi, dan ini menjadi bagian yang mengurangi dari beban lalu lintas,” tutup Budi Karya.

Berita Terkini

AKP Adrianus Untu Berpulang, Kapolda Sulut: Terimakasih atas Jasa dan Pengabdian

Published

on

Suasana Rumah Duka AKP Adrianus Untu

TOMOHON, – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol. Yudhiawan, SH, SIK, MH, MSi bersama Polres Tomohon kucurkan sumbangan duka atas berpulangnya AKP Adrianus Untu, SH.

Saat itu rombongan Polda Sulut bersama Kapolres Tomohon AKBP Lerry Ronald Tutu, SIK MM melayat di rumah duka, di Kel. Winangun, Kec. Malalayang, Kota Manado, pada Senin (26/2/2024).

Dalam pelaksanaan kegiatan sambang duka, Kapolda Sulut memberikan santunan duka kepada keluarga almarhum AKP Andrianus Y. Untu, S.H yang di terima istri almarhum Meity Untu – Lengkong.

Dalam pemaparannya, Kapolda Sulut melalui Kapolres Tomohon menjelaskan, Giat sambang ini merupakan bukti kepedulian organisasi dan Pimpinan Polri.

“Ya, Kapolda mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya atas jasa Almarhum selama mengabdi sebagai anggota Polri dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat,” terang Kapolres.

Dalam Kegiatan sambang duka, kata Kapolres, Kapolda juga mendoakan semoga Almarhum diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa.

Diketahui, jabatan terakhir almarhum AKP Andrianus Y. Untu, S.H, yakni Kasubbagdalops Bag Ops Polres Tomohon, sebelumnya pernah menjabat sebagai Kapolsek Tomohon Utara.

Kapolda Sulut saat melakukan sambang duka, diikuti oleh Karo Ops Polda Sulut KBP KBP Mugi Sekar Jaya, Karo SDM Polda Sulut KBP KBP Ari Wahyu Widodo, Dir Samapta Polda Sulut KBP I Gust Putu Gede Ekawana Prasta, S.I.K, Kabid Propam Polda Sulut KBP KBP Reindolf Unmehopa.

Richard Ering

Continue Reading

Berita Terkini

Salut! Polres Tomohon Boyong Dua Penghargaan dari Kementerian Keuangan

Published

on

Penghargaan Polres Tomohon oleh Kementerian Keuangan

TOMOHON, – Kapolres Tomohon AKBP Lerry Ronald Tutu, SIK MM menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Rabu (21/2/2024).

Bertempat di Lantai 6 gedung keuangan negara Manado, Polres Tomohon jadi peringkat pertama Satuan Kerja (Satker), dengan nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) terbaik tahun 2023, kategori Pagu besar.

Penyerahan pun dilakukan langsung oleh Kementrian Keuangan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Manado.

Bukan hanya itu, Kapolres juga menerima penghargaan satuan kerja terbaik dalam penyampaian LPJ pengeluaran triwulan III tahun 2023.

Lerry menuturkan, penghargaan yang di peroleh Polres Tomohon hari ini, merupakan hasil kerja dari seluruh personel Polres Tomohon, terutama dalam hal pengelolaan anggaran.

“Semoga dengan adanya penghargaan ini, akan memotivasi kami Polres Tomohon dalam pengelolaan anggaran di Polres Tomohon untuk lebih baik lagi,” terangnya.

Atas penghargaan itu, ia berterima kasih kepada Kementrian Keuangan Republik Indonesia, melalui KPPN Manado yang telah memberikan kepercayaan dan reward kepada Polres Tomohon.

“Semoga ke depan reward yang diberikan ini dapat dipertahankan dan akan menjadi dasar untuk pengelolaan anggaran di Polres Tomohon semakin baik lagi,” tukasnya.

Continue Reading

Berita Terkini

Besok, Legio Christi Kevikepan Tomohon Bakal Rayakan Pesta Nataru!

Published

on

Pastor Paroki Santo Joseph Sarongsong Rheinner Saneba Pr

TOMOHON, – Legio Christi (LC) Keuskupan Manado Kevikepan Tomohon, bakal gelar Pesta Natal dan Tahun Baru (Nataru) pada Senin (8/01/2024) besok, di Paroki Santo Joseph Sarongsong.

Pastor Paroki Santo Joseph Sarongsong Rheinner Saneba Pr, pada kesempatan itu mengajak seluruh Legioner se-Kevikepan Tomohon untuk ambil bagian serta turut mensukseskan perayaan Natal dan Tahun Baru Legio Christi ini.

“Dalam komando ketaatan komunikasi, saya mengajak semua Legio Christi yang ada di Kevikepan Tomohon untuk kita berhimpun bersama membangun kebersamaan dan persekutuan, dalam perayaan Natal dan Tahun Baru pada pukul 17.00 WITA sampai selesai di Gereja Katolik St Joseph Sarongsong.” kata Pastor yang akrab disapa Rhesa.

Pada kesempatan itu, Pastor Rhesa juga mengajak kita semua untuk memaknai sukacita perayaan Natal dan mengambil contoh teladan Tuhan Yesus yang berani menjadi manusia mengosongkan diri untuk membawah keselamatan kepada seluruh dunia.

“Legio Christi sebagai Pasukannya Tuhan Yesus, diharapkan menjadi yang terdepan dalam bidang pemberian diri yang kita sudah sepakati dalam semangat komando ketaatan dan komunikasi.” Pastor Rhesa yang juga sebagai Anggota Dewan Provinsial LC Keuskupan Manado, Penasehat Rohani LC Keuskupan Manado.

Lanjutnya, pada tanggal 8 Januari 2024 nanti kita berjumpa, pertama-tama menguatkan dalam perayaan Ekaristi Kudus, kemudian membangun tali silaturahmi untuk semangat kebersamaan dalam rangka pelayanan kita, ditengah-tengah Paraki dimana kita berada.

“Saya tunggu kehadiran anda teman-teman di Paroki Santo Joseph Sarongsong untuk kita bersukaria, bersaudara, dan membangun resolusi bersama untuk menjadi berkat bagi gereja dan masyarakat.” tutup Pastor Rhesa.

Pada Perayaan Misa akan dipimpin oleh Uskup Keuskupan Manado Mgr. Estephanus Benedictus Rolly Untu MSC didampingi Pastor Paroki Santo Joseph Sarongsong Rheinner Saneba Pr dan para pastores di Kevikepan Tomohon.

Perayaan Natal bersama LC Keuskupan Manado Kevikepan Tomohon ini, dirangkaikan juga dengan Misa Hari Ulang Tahun Imamat ke-30 dari Pastor Paroki Rheinner Saneba Pr.

Continue Reading

TRENDING