Connect with us

Pariwisata

Kearifan Lokal ‘Selimuti’ Festival Hari Basar Tomohon, dari Paduan Suara hingga Pasiar Bendi

Uniknya, pelaksanaan Festival hari Basar ini berisi Lomba paduan suara di satu-satunya Gereja bersejarah di tingkat Nasional, yakni Gereja “Sion” Tomohon.

Published

on

Kadis Pariwisata Tomohon Judhistira Siwu SE MSi

TOMOHON, – Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Kota Tomohon menggelar Festival Hari Basar 2022. Uniknya, event ini mengangkat kearifan lokal ditanah Toar Lumimuut.

Terpantau, pada Jumat (16/12/2022), pelaksanaan Festival hari Basar ini berisi Lomba paduan suara di Gereja bersejarah tingkat Nasional, yakni Gereja “Sion”.

Kepala dinas Pariwisata kota Tomohon sekaligus Ketua Harian Festival Hari Basar, Judhistira Siwu SE MSi menyebut, tepat setahun yang lalu, Gereja Sion Tomohon ditetapkan jadi cagar budaya nasional.

“Ya, sudah ditetapkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan riset dan teknologi (Kemendikbudristek) jadi cagar budaya nasional,” jelasnya.

Ini, kata Siwu, cagar budaya Gereja satu-satunya di Indonesia timur. “Kami tentu mengapresiasi peran dari dinas pendidikan dan kebudayaan yang begitu fokus untuk mengawal sehingga status cagar budaya ini bisa terealisasi,” imbuhnya.

Tahun-tahun sebelumnya, lanjut dia, kita mengenal ada Festival-festival serupa dengan nama Christmas Choir Festival di Tomohon.

“Namun, Tahun ini kita sebut Festival hari basar, untuk mengangkat kearifan Lokal di kota Tomohon,” ungkap Kadis yang dikenal dekat dengan masyarakat itu.

Dirinya juga membeberkan, selain lomba paduan suara, Festival Hari Basar ini juga mengangkat Kegiatan kearifan lokal yaitu tradisi pasiar bendi.

“Saya jamin ini hanya ada di Tomohon, jadi, saat Natal nanti masyarakat dapat ba pasiar deng Bendi, Gratis dan berlaku dari usai ibadah Gereja hingga pukul 6 sore,” tuturnya.

Tak hanya itu, dirinya menjelaskan, tepat dibawah menara Alva Omega, ada Basar Natal. Untuk itu, Siwu mengajak, bagi masyarakat yang ingin berbelanja, boleh datang ke Basar.

“Harganya murah, segala keperluan Natal ada disana. Masyarakat tinggal pilih, dan berbelanja bersama keluarga,” pungkasnya.

Perlu diketahui, dalam Festival Hari Basar ini terdapat berbagai event-event menarik, selain paduan suara dan pasiar bendi, terdapat pula lomba band, kreasi cucur, dll.

Dari pemantauan media ini, Masyarakat kota Tomohon begitu antusias ketika mengunjungi lokasi Festival Hari Basar Tomohon.

Ichad Ering

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *