Connect with us

Politik dan Pemerintahan

Erens ‘Rangkul’ Masyarakat Kinilow, Pahami Perda APBD Perubahan kota Tomohon

Pada kesempatan itu, Erens selaku wakil ketua DPRD kota Tomohon merangkul masyarakat Kelurahan Kinilow dan Kinilow 1 untuk pahami Peraturan Daerah APBD Perubahan.

Published

on

Erens Kereh ketika membawa materi dalam Sosialisasi Perda.

TOMOHON, – Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon melaksanakan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 3 tahun 2022 tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD-P) Tahun Anggaran (TA) 2022.

Dilaksanakan di Arjuna Resort, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon, Erens Kereh merangkul Masyarakat Kelurahan Kinilow dan Kelurahan Kinilow Satu, Selasa (22/11/2022).

Pada kesempatan itu, Erens Kereh, selaku narasumber menjelaskan, bahwa biasanya pelaksanaan APBD-P ini ada penambahan anggaran dan sangat jarang pengurangan anggaran.

Dimana, kata politisi partai Nasdem itu, penambahan penganggaran, seperti bertambahnya kegiatan.

“Mekanisme Perda ini sama saja dengan Perda-perda yang lain. Dimana dibahas antara legislatif dan eksekutif, kemudian ditetapkan sebagai Perda lewat Paripurna,” kata Kereh.

Sementara itu, narasumber dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Tomohon yang diwakili Raymond Lasut mengatakan, bahwa kebijakan dilaksanakannya APBD-P ini dilihat juga dari sisi penerimaan daerah.

“Ya, dimana ada penerimaan yang bertambah ataupun realisasi yang kurang, ataupun menyesuaikan dengan kebutuhan belanja daerah,” tutur Raymond.

Untuk, lanjut dia, melaksanakan APBD-P ada beberapa poin sehingga perlu dan wajib dilakukan.

“Diantaranya seperti Perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi KUA, Keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antara organisasi, keadaan yang menyebabkan Silpa tahun anggaran sebelumnya harus digunakan dalam TA berjalan, Keadaan Darurat maupun Keadaan Luar Biasa,” tukasnya.

**//Ichad

Politik dan Pemerintahan

Relawan Setia Syerly Sompotan Bergerak! Bentuk Strategi Menatap Pesta Demokrasi

Published

on

Syerly Adelyn Sompotan, dan Relawan.

TOMOHON, – Solidaritas Relawan fanatik Syerly Adelyn Sompotan berkumpul. Mereka membentuk strategi jitu untuk menang di pemilihan legislatif (Pileg) 2024 nanti.

Figur yang dikenal dengan sebutan SAS itu bakal bertarung di daerah pilih (Dapil) 6 Sulawesi Utara (Sulut) yang mencakup wilayah Kabupaten Minahasa dan Kota Tomohon, bersama Partai Golkar nomor urut 5.

Berita lainnya: UDD PMI Pusat Akui, SAS Bawa Palang Merah Tomohon jadi Salah Satu yang Terbaik di Sulut!

Kedudukan SAS yang perna menjadi Wakil Walikota Tomohon periode 2016-2021 dirasakan para relawan. Mereka mengaku, pengabdiannya untuk kota Tomohon sangat besar.

Itu sebabnya, pada Sabtu (2/12/2023) simpatisan yang tersebar di seluruh kelurahan, kota Tomohon berkumpul di kedamaiannya, Kel. Kolongan, Tomohon Tengah.

Baca juga: MJLW-SAS Perkuat Line Up Beringin di Pileg Tomohon-Minahasa, Golkar Makin Kuat!

Dalam konsolidasi ini, strategi untuk memenangkan Srikandi Tomohon itu di Pileg 2024 pun terbentuk. Ini tentu jadi modal positif bagi SAS untuk menatap Pileg 2024.

Diwaktu yang sama, Syerly Sompotan merespon solidaritas para relawan. Rasa syukur dan apresiasi terus diucapkannya atas semangat para simpatisan.

“Semangat ini yang menguatkan tekad saya untuk maju berkarya demi rakyat. Kita sama-sama berkomitmen untuk meraih kemenangan di pesta demokrasi 2024 nanti,” paparnya.

Ia (SAS-red) menegaskan siap menjadi jembatan bagi kalangan masyarakat dalam menyuarakan aspirasi melalui ranah politik di kursi legislatif.

Continue Reading

Politik dan Pemerintahan

Caleg Golkar Almontana Paat Siapkan Strategi “Memerdekakan” Petani dan UMKM!

Published

on

Almontana Paat, Caleg Partai Golkar, Nomor urut 3, Dapil 1

TOMOHON, – Nasib Petani dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bawa Almontana Stefanus Maesa Paat terjun ke dunia politik, sebagai calon legislatif (caleg) nomor 3, Partai Golongan Karya (Golkar).

Pengusaha muda yang akan bertarung di daerah pilih (Dapil) 1 yang meliputi Tomohon Timur dan Tengah itu nyatakan prihatin dengan nasib petani.

Pasalnya, harga pupuk bagi petani terbilang semakin fantastis. Bahkan, subsidi pupuk pun banyak yang masih dipersulit cara perolehannya.

“Padahal ketersediaan pupuk berpengaruh di komoditas seperti bawang, rica, tomat (barito) dalam ketahanan pangan yang lebih baik di masa depan,” terang Emon sapaan akrabnya, Kamis (30/12/2023).

Itu sebabnya, kata Emon, jika diberi kepercayaan oleh rakyat, dirinya akan memperjuangkan aspirasi petani yang hingga saat ini masih sulit mendapatkan pupuk.

Bukan hanya itu, Emon punya ide cemerlang bagi petani. Ia siap memfasilitasi pelaku hortikultura untuk diberi edukasi tentang pembuatan pupuk.

“Pastinya, akan ada seminar atau pelatihan untuk petani terkait pembuatan pupuk, tentu dengan bahan-bahan yang muda didapat,” tutur Emon.

“Petani tak perlu mengeluarkan dana lebih untuk menghasilkan pupuk. Hanya modal karya sendiri, petani dapat menghasilkan pupuk yang sempurna,” imbuhnya.

Kemudian, niat Emon dalam kesiapannya bertempur di pileg 2024 itu untuk kesejahteraan pelaku UMKM.

Disayangkan, banyak masyarakat yang punya kemampuan dalam bidang kuliner, namun tidak memiliki fasilitas yang layak untuk berusaha.

Bahkan, pengelolaan pendapatan pelaku UMKM masih belum terolah dengan baik. “Ya, ini jadi penyebab usaha mikro tidak berkembang,” singkatnya, saat ditemui wartawan di kedainya, Elmonts Coffee and Roastery.

“Kepercayaan masyarakat, akan dipergunakannya dengan baik. Setiap aspirasi dan kepentingan rakyat diutamakan, terlebih jeritan petani dan pelaku UMKM,” tukasnya.

Continue Reading

Politik dan Pemerintahan

Program G-Lakers! Gerard Lapian Bakal Siapkan Wadah Kreatif bagi Milenial dan Gen-Z

Published

on

Gerard Lapian, Calon Legislatif Partai Golkar, Nomor urut 3, Dapil II Tomohon Selatan

TOMOHON, – Ketertarikannya dengan bakat dan kemampuan generasi muda di dataran kaki gunung Lokon, membawa Gerard Lapian maju di pemilihan legislatif (Pileg) 2024.

Pasalnya, panggung kreatif generasi muda di kota Tomohon sudah tercatat di program unggulan yang ia rangkum lewat Visi-misinya.

“Kami akan memberi wadah atau panggung bagi mereka (Gen-Z dan Milenial-red) untuk bebas berekspresi sekaligus mengembangkan minat dan bakat,” ungkap Gerard, Selasa (28/11/2023).

Ia mengungkap, kemampuan generasi muda di Tomohon perlu diperhatikan dengan fasilitas yang layak. “Ya, disitu mereka bisa berlatih dan mengasah kreativitasnya,” terang Gerard.

Baca juga: Kerja Smart! Caleg Partai Golkar Gerard Lapian Paparkan Visi-misinya, Simak…

Kreativitas anak muda, sangat bermanfaat dan jadi jalan menuju Indonesia Emas. Itu sebabnya, ia menyusun strategi untuk memberi kebebasan berekspresi bagi anak muda.

Tak hanya itu, Gerard berniat untuk mendorong, dan membangun kemampuan entrepreneurship dengan memberi pelatihan keterampilan kewirausahaan untuk generasi muda.

“Ini penting untuk membentuk kehidupan yang berkualitas, bahkan kehidupan yang produktif,” pungkas Bendahara DPD II Partai Golkar Tomohon itu.

Perlu diketahui, Gerard Lapian merupakan Calon Legislatif (Caleg) Partai Golongan Karya (Golkar) Nomor urut 3, daerah pemilihan (Dapil) II Tomohon Selatan.

Continue Reading

TRENDING