Connect with us

Politik dan Pemerintahan

Pengurus Pramuka Bhayangkara Tomohon Dilantik! Kapolres: Hadapi Tantangan, Pantang Putus Asa!

Published

on

Momen pelantikan pengurus Pramuka Bhayangkara Tomohon

TOMOHON, – Pelantikan pengurus majelis pembimbing dan pengurus satuan karya pramuka Bhayangkara tingkat cabang Kota Tomohon masa bhakti 2022 – 2026 resmi dilantik.

Kapolres Tomohon AKBP Arian Colibrito S.I.K MH, selaku ketua majelis pembimbing satuan karya pramuka Bhayangkara berpesan bagi pengurus yang dilantik untuk tidak putus asa dalam menghadapi tantangan, melainkan hadapi dengan sikap.

“Ya, pasca merebaknya Covid-19, banyak kegiatan Pramuka yang terhenti termaksuk kegiatan latihan tatap muka. Namun kita tidak boleh menyerah dan putus asa, justru tantangan yang ada harus kita sikapi,” ketus Kapolres, Kamis (04/8/2022).

Pada kesempatan itu juga, Kapolres mengucapkan selamat kepada pengurus saka bhayangkara yang baru di kukuhkan. “Selamat bagi seluruh keluarga besar Pramuka yang berada di jajaran Kwartir cabang Tomohon,” ucapnya.

Semoga, lanjut Kapolres, pengukuhan pengurus Satuan Karya (Saka) bhayangkara kali ini dapat mendorong perkembangan dan kemandirian satuan karya Bhayangkara untuk mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang lebih handal dan lebih baik pada masa depan.

“Satuan karya Bhayangkara adalah salah satu dari beberapa jenis satuan karya Pramuka yang sudah di tetapkan secara nasional,” bebernya.

Kapolres menuturkan, Saka bhayangkara merupakan wadah pembinaan bagi Pramuka penegak dan Pramuka pandega dalam meningkatkan pengetahuan serta keterampilan praktis di bidang kebhayangkaraan.

“Arti kata bhayangkara adalah penjaga, pengawal, pengaman, atau pelindung keselamatan bangsa dan negara sedangkan kebhayangkaraan merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pertahanan dan keamanan negara untuk menjamin tegaknya NKRI melandaskan Pancasila dan UUD RI tahun 1946,” tuturnya.

Tujuan dibentuk saka bhayangkara adalah untuk mewujudkan kader-kader bangsa yang memiliki akhlak dan moral Pancasila guna ikut serta bertanggung jawab terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat melalui pendidikan kebhayangkaraan didalam gerakan Pramuka

Sasaran di bentuknya saka bhayangkara ini, kata Kapolres, agar para anggota gerakan Pramuka yang telah mengikuti kegiatan kebhayangkaraan dapat Memiliki pengetahuan, kemampuan, kecakapan dan keterampilan serta pengalaman dalam kebhayangkaraan.

“Harus memiliki sikap hidup yang tertib dan disiplin serta ketaatan terhadap peraturan hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarkat,” terangnya.

“Memiliki sikap kebiasaan dan perilaku yang tangguh sehingga mampu mencegah, menangkal serta menanggulangi timbulnya Setian gangguan Kamtibmas sesuai dengan kapasitasnya sebagai anggota saka bhayangkara,” beber Kapolres.

Dirinya juga meminta, Bhayangkara Pramuka harus memiliki kepekaan dan kewaspadaan Serta daya tangkap dan penyesuaian terhadap setiap perubahan maupun dinamika sosial dilingkungan.

“Mampu memberikan latihan tentang pengetahuan kebhayangkaraan kepada para anggota gerakan Pramuka gugus depannya,” pintanya.

Kemudian memiliki pengetahuan tentang per undang-undangan lalu lintas, mampu menangani kecelakaan lalu lintas pada tingkat pertama dengan memberikan pertolongan pertama pada gawat darurat dan pengaturan lalu lintas.

Tak hanya itu, Pramuka harus mampu melakukan tindakan pertama terhadap kasus kejahatan tertangkap tangan yang terjadi di lingkungannya untuk kemudian segera menyerahkannya kepada kepolisian setempat.

“Juga mampu membantu Polri dalam mengamankan TKP dan melaporkan kejadian tersebut serta bersedia menjadi saksi,” aku Kapolres.

Tingkat juga, kemampuan dalam membantu memberikan pertolongan dan penyelamatan serta rehabilitasi ketentraman masyarakat yang terganggu akibat konflik sosial, kecelakaan dan bencana alam yang terjadi di lingkungannya

“Memahami dan mengaplikasikan di lapangan Setiap Krida yang terdapat didalam saka bhayangkara untuk membantu tugas Polri dalam menciptakan satuan Kamtibmas yang mantap,” sebutnya.

Dia (Kapolres-red) mengajak para Pramuka saka bhayangkara Polres Tomohon untuk menjadi duta perubahan perilaku, diharapkan Pramuka dapat memberi contoh untuk mengubah perilaku masyarakat luas agar agar hidup lebih sehat.

“Tentunya sambil menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan masyarakat, agar kita menjadi contoh sebagai warga negara yang baik tanpa melanggar hukum,” imbuhnya.

Kapolres berharap kakak-kakak dan adik adik-adik pramuka untuk terus berkegiatan kepramukaan, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, namun tatap dapat diikuti dengan riang gembira.

“Tetap berkegiatan kepramukaan akan menumbuhkan semangat yang juga meningkatkan imunitas kita, hal yang juga penting dalam menjaga kesehatan kita, terutama di masa pandemi Covid-19 ini,” tandasnya.

Richard Ering

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *