Connect with us

Politik dan Pemerintahan

“Kado” HUT Pinaras ke-191, Dicanangkan jadi Kelurahan Cantik

Published

on

Sekertaris Kota Tomohon Edwin Roring bersama jajaran pemerintah dan pengisi acara kawasaran

TOMOHON, – Mewakili Walikota, Sekertaris daerah kota Tomohon Edwin Roring, SE, ME mencanangkan Pinaras jadi Kelurahan Cinta Statistik (Cantik) tepat di HUT Pinaras ke 191, pada Jumat (22/7/2022).

Pencanangan Kelurahan Pinaras menjadi Kelurahan Cantik ini ditandai dengan pemukulan tetengkoren secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon, serta penampilan seni budaya Tari Kawasaran dari SMP PGRI Pinaras.

Walikota Tomohon melalui Sekda Edwin Roring mengucapkan selamat atas terpilihnya Pinaras sebagai kelurahan Cantik. “Luar biasa, dari 44 Kelurahan Pinaras jadi satu-satunya kelurahan yang dicanangkan jadi kelurahan Cantik,” ucapnya.

Hal ini, kata Roring, merupakan ujung tombak dari pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Setiap kelurahan harus berperan aktif untuk memiliki data yang lengkap dan akurat terhadap setiap warga person by person,” pintanya.

“Dengan demikian, kebijakan pembangunan di kelurahan, dapat lebih tepat sasaran dan lebih bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Roring mengutip sambutan Walikota Caroll Senduk, SH.

Program kelurahan Cantik ini, lanjutnya, jadi salah satu upaya untuk membangun kemitraan kelurahan dengan BPS melalui penyediaan data-data yang diperlukan di tingkat kelurahan.

“Ini juga dapat meningkatkan kemampuan perangkat kelurahan dalam pengadministrasian data-data warga masyarakat menjadi lebih apik, rapih dan dapat dipertanggungjawabkan,” ketusnya.

Nantinya, lanjut dia, dengan kebiasaan mendata ini, kita akan lebih peduli dan sadar akan kegiatan-kegiatan yang terjadi dimasyarakat. Data ini juga, kata Roring, dapat menjadi bahan pertimbangan dalam perencanaan program dan kegiatan suatu daerah.

“Saya berharap program kelurahan Cantik akan diterapkan pada setiap kelurahan di Kota Tomohon, sehingga semua kelurahan nantinya menjadi kelurahan yang cinta dan sadar akan pentingnya statistik bagi pembangunan daerah,” tutur Roring.

Selanjutnya, dia berharap, Kota Tomohon akan menjadi kota yang cantik. Untuk itu, perlu kerjasama dan koordinasi yang baik dan berkelanjutan antara Pemerintah Daerah.

Kepada Camat dan Lurah, Edwin berpesan, untuk terus mengajak dan memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat dalam mendukung dan memberikan data yang akurat dan terpercaya.

Sehinggga, data-data yang kita kumpulkan akan bermanfaat untuk peningkatan kualitas pelayanan Pemerintah, peningkatan program pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kota Tomohon.

Untuk diketahui, acara ini dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Kelurahan Pinaras yang dihadiri oleh Kepala Badan Pusat Statistik Kota Tomohon Ir Jefrey Joost Runtulalo MM.

Perwakilan dari Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Utara selaku Statistisi Ahli Madya BPS Provinsi Sulawesi Utara Sirly Worotikan SE MSi, Pdt Rico Wenas STh. Hadir juga, Camat Tomohon Selatan, Lurah Kelurahan Pinaras beserta Jajaran.

Peliput: Richard Ering

Gambar Tomohon
Gambar Tomohon
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *