Connect with us

Hukum dan Kriminal

Siap-siap! Operasi Ketupat Polres Tomohon Bakal Digelar Pekan Depan, Berikut Lokasinya..

Published

on

Prosesi Apel gelar pasukan wilayah hukum Polres Tomohon

TOMOHON, – Dalam apel gelar pasukan dalam rangka operasi kepolisian terpusat ketupat Samrat 2022, Kapolres Tomohon AKBP Arian Colibrito, S.I.K MH membeberkan kelima pos operasi yang telah disiapkan.

Hal ini merupakan bentuk strategi penguatan untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 menjelang, pada saat dan sesudah Idul Fitri 1443 H/tahun 2022 harus dapat dilaksanakan dengan baik.

Amanat Kapolri melalui Sekertaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, SE, ME mengungkap kunci keberhasilan strategi dengan melakukan himbauan dan mengawasi kedisiplinan masyarakat agar taat terhadap protokol kesehatan 3M.

“Diwajibkan juga bagi pelaku atau pengelola tempat wisata untuk memastikan aplikasi Peduli Lindungi terpasang dan harus benar-benar digunakan. jika terdapat pengunjung yang belum divaksin langsung diarahkan ke gerai- gerai vaksin terdekat,” terangnya.

“Jika terdapat pengunjung yang masuk kategori hitam, siapkan ruang isolasi sementara sebelum mendapatkan penanganan lebih lanjut,” lanjut Roring, selaku pimpinan apel, Jumat (22/4/22), di Lapangan Apel Polres Tomohon.

Tak hanya itu, kata Roring, patut kita melaksanakan penjagaan dan pengamanan terhadap pelaksanaan ibadah Idul Fitri di masjid-masjid maupun di lapangan;

Lebib lanjut, jelasnya, utuk mengawasi terpenuhinya persyaratan perjalanan mudik pada berbagai moda transportasi agar masyarakat pengguna moda transportasi terlindung dari bahaya penularan Covid-19;

“Perketat kewajiban untuk melakukan testing, tracing, dan treatment terhadap kasus yang terkonfirmasi Covid-19 bersama Satgas Covid-19, TNI dan Pemerintah daerah untuk makukan isolasi mandiri, isolasi terpusat, atau perawatan di rumah sakit rujukan sesuai dengan standar yang ada,” tutur Roring.

Dan, mewaspadai hal-hal yang tidak kita ingingkan, diwajibkan pula untuk melaksanakan random check swab antigen kepada para pelaku perjalanan dan siapkan pelayanan vaksinasi serta isolasi sementara di Posyan;

“Untuk itu, kita ditugaskan untuk percepatan program vaksinasi terutama pada Kab/Kota yang belum mencapai target,” ketus Roring.

Dengan terciptanya kelancaran dan keamanan lalu lintas, kita diwajibkan untuk melakukan manajemen rekayasa lalu lintas, mulai dari contraflow, buka tutup gate tol, one way, ganjil-genap pada jalan tol maupun ruas jalan tertentu.

“Terlebih disaat arus mudik/balik maupun jalan-jalan menuju tempat wisata dan sosialisasi melalui media secara masif sehingga masyarakat dapat mengatur rencana perjalanannya,” imbuhnya.

Roring pula mengungkap penekanan Kapolri untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi “Ketupat-2022”, yakni dengan Menjaga stamina dan kesehatan mental beserta fisik selama perjalanan Operasi, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

Lakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif

Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dimanapun dan kapanpun. Rekan- rekan adalah wujud representasi negara di tengah- tengah masyarakat.

Gelar kekuatan Polri pada Pos-Pos Pengamanan dan Pelayanan serta di Titik-titik rawan kriminalitas, titik-titik kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, sehingga mampu bertindak cepat dan tepat dalam melakukan tindakan Kepolisian guna menjamin masyarakat aman dan sehat.

Lakukan koordinasi dan kerjasama dengan satgas Covid-19 untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadinya lonjakan mobilitas masyarakat saat libur Idul Fitri 1443 H/2022 dengan melakukan test antigen secara acak terhadap warga masyarakat di tempat keramaian seperti rest area, mall, tempat wisata, dll untuk memonitor kemungkinan terjadinya penyebaran Covid-19 di area-area tersebut.

Dorong para pengelola tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan untuk memasang dan menerapkan aplikasi Peduli Lindungi.

Satgas pangan agar betul-betul memainkan peran untuk membantu pemerintah dalam menjamin ketersediaan bahan-bahan pokok dan pengendalian harga.

“Mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat. Satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan operasi,” tutup Roring saat membacakan pesan Kapolri.

Sementara, diwaktu yang sama, Kapolres Tomohon melalui Kabag Ops Kompol Temmy Toni, S.I.K selaku Karendal Ops Ketupat Samrat 2022 menuturkan, personil Polres Tomohon yang dilibatkan sebanyak 192 orang.

“Ya, terdapat 192 personil yang akan ditugaskan dalam operasi Ketupat selama selama 12 hari terhitung tanggal 28 April s/d 9 Mei 2022,” aku Temmy.

Dia (Temmy-red) melanjutkan, sebanyak 5 pos yang disiapkan terdiri dari 2 Pos PAM (Lokasi Kinilow dan Tombariri), 2 Pos Yan (Lokasi Pasar dan Pusat perbelanjaan pusat kota Tomohon) dan Pos terpadu (Lokasi Kompleks Menara Alfa Omega).

Untuk diketahui, pimpinan apel yakni Sekertaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, SE, ME, Komandan apel Ipda J. Windah, PA Apel Iptu Djokololono.

Hadir dalam apel gelar pasukan, Roring, SE, ME, Mewakili Kajari Tomohon Kasi Pidum Dapot Manurung, SH, Dandim 1302 Minahasa diwakili Danramil Tomohon Kapten Inf. Juris Sahese, Waka Polres Kompol Ferdinand Runtu, S.H, Kadis Perhubungan Drs. Robby Kalangi, M.H, Plt. Kasat Pol PP/Kalaksa BPBD Hengky Supit, S.Ip.

Ichad Ering

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *