Connect with us

Politik dan Pemerintahan

Pencanangan Zona Integritas secara Terbuka, jadi Upaya BPS Tomohon “Cegah” Korupsi!

Published

on

TOMOHON, – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tomohon gelar kegiatan Pencanangan Zona Integritas dan FGD Angka PDRB Kota Tomohon tahun 2019 – 2021.

Bertempat di Hotel Grand Master Kakaskasen Satu, Ir. Jefry Joost Runtulalo, selaku Kepala BPS Kota Tomohon mengungkap, tujuan pencanangan pembangunan Zona Integritas dilaksanakan secara terbuka.

“Ya, pasti dipublikasikan secara luas, agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi, dan berperan serta dalam program kegiatan pencegahan korupsi,” ungkap Runtulalo, Rabu (23/02/22).

Tentu, lanjut Runtulalo, dalam pembenahan reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik dengan tujuan agar bersungguh-sungguh menjadi Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih & Melayani (WBBM).

Pada kesempatan itu, BPS Kota Tomohon melakukan kegiatan Forum Group Discussion Angka PDRB Kota Tomohon tahun 2019 – 2021 dan Penyusunan Data Publikasi Kota Tomohon Dalam Angka Tahun 2022.

Pastinya, kata dia (Runtulalo-red) Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini tidak lain yaitu melaksanakan pembinaan sektoral dan evaluasi kepada instansi perangkat daerah.

“Dengan maksud agar data yang disediakan untuk Publikasi Tomohon Dalam Angka dan PDRB sesuai dengan standar data nasional,” terangnya.

Untuk itu, publikasi yang dihasilkan oleh BPS Kota Tomohon bersumber dari data primer dan data sekunder atau hasil registrasi yang diperoleh melalui kegiatan pengumpulan data ke instansi terkait.

Hal ini merupakan olahan dari data-data baik secara desentralisasi, interoperabilitas maupun sentralisasi.

Publikasi Kota Tomohon dalam Angka dan PDRB sebagai produk konkret yang dihasilkan BPS mengacu kepada komitmen jadwal Advanced Release Calendar (ARC) setiap tahun.

“Tentunya, untuk Tomohon dalam Angka akhir bulan Februari dan PDRB akhir April,” pungkasnya.

Ichad

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *