Connect with us

Hiburan

Andy Makarawung, Finalis Indonesia IDOL 2008 yang kini Manggung di ‘Tuur Maasering’

Published

on

Andy Makarawung, Finalis Indonesia Idol season 5

BACARITA Hiburan, – Andy Makarawung, Finalis Indonesia IDOL 2008, yang berhasil menerobos pintu 12 besar pada Season 5, rupanya sering manggung di Tuur Maasering Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut).

Tentu, generasi 90an atau disebut Milenial pasti “samar-samar” saat mendengar nama Andy Makarawung. Padahal, ditahun 2008, Andy merupakan jebolan Indonesian Idol yang seangkatan dengan Gisel Anastasia.

Bisa saja, finalis yang satu ini jarang terdengar di dunia musik Indonesia lantaran vakum dari Antik/Antique Band, grup musik tempat Andy bernaung Tahun 2013 lalu.

Jarang diketahui orang, rupanya, musisi bernama lengkap, Jandri Fenly Makarawung itu kini sering terlihat manggung di sejumlah cafe, salah satunya di Tempat Wisata Alam “Tuur Maasering” yang ada di Kumelembuai, Tomohon.

Ternyata, selama vakum, Jandy Makarawung yang akrab disapa Andy Idol itu menyimpan rasa rindu terhadap dunia musik.

“Vakum di dunia musik, saya berkerinduan untuk tetap menyalurkan bakat dan hobi saya sebagai penyanyi,” ungkap Andy Idol yang kini sudah punya dua momongan dari istri sahnya asal Tondano, Minahasa.

Setelah mengikuti Indonesian IDOL 2008 lalu, kata Andy, dirinya sempat bergabung dengan Antik/Antique Band for album yang kedua “Memutar Waktu” yang launching Tahun 2010.

“Di 2013 tidak lagi bersama teman-teman di Antik Band. Kemudian terjun ke pelayanan Gereja sampai menikah pada di Tahun 2017,” beber pria asal Kelurahan Rurukan itu, Sabtu (22/01/22).

Setelah menikah, dirinya fokus berkeluarga dan berwirausaha. Namun, 2017 lalu sempat iseng buat cover parodi lagu Always, versi Bahasa Manado.

“Judul lagunya ‘Gode’ yang sempat viral di Tahun 2017 lalu,” ungkap Andy sambil tertawa.

September 2020, lanjut Andy, ia berkerinduan menghibur masyarakat. Sehingga, dirinya dengan rutin mulai aktif menyanyi di cafe-cafe sampai sekarang. “Tetapi tidak meninggalkan usaha kecilan bersama istri,” ujarnya.

Dia mengaku tidak ingin lagi keluar daerah, dengan alasan keluarga yang ada di Manado dan tak mau meninggalkan bisnisnya.

“Di Sulut ajah, yang penting masih menyalurkan hobi dan bakat untuk masyarakat pecinta musik, seperti di tempat wisata Tuur Maasering ini. Setiap Minggu saya di sini, Sabtu dan Minggu,” tukas Andy.

*** (Ichad)

Hiburan

Asyik, Turnamen Mobile Legends MJLW Cup Bakal Ramaikan Dunia E-sport di Tomohon!

Published

on

Flayer Turnamen Mobile Legends MJLW Cup

TOMOHON, – Turnamen Mobile Legends MJLW Cup bakal ramaikan pasar e-sport didataran kaki gunung Lokon.

Proses registrasinya gratis, dan membuka 64 slot team. Peserta yang telah mendaftar, diminta ikuti Technical Meeting pada Selasa (12/12/2023) di Homestay, Tomohon Selatan.

Turnamen yang diinisiasi oleh Ir Miky Junita Linda Wenur MAP itu merupakan wadah untuk merangsang talenta milenial dan Gen-Z.

“Kita tahu bersama, banyak yang sukses didunia e-sport. Ini adalah tempat dimana kita mengasah lagi talenta anak muda di hal yang positif,” ungkap Miky Wenur.

Dirinya juga berharap, dengan diadakannya kegiatan ini, Tomohon dapat menghasilkan atlet e-sport baru. “Kedepan, anak-anak muda ini akan membawa nama baik kota Tomohon,” terangnya.

Sementara, panitia pelaksana Turnamen Mobile Legends MJLW Cup Belarmino Lapong menjelaskan, kegiatan ini terbuka untuk seluruh squad di Tomohon -Minahasa.

“Ya, jadi dalam 1 squad atau tim terdiri dari 6 orang, yang terpisah 5 player inti, dan 1 cadangan, dengan konsep matchday offline” kata Belarmino.

Continue Reading

Hiburan

Fenomenal, Pakaian Kawasaran Buatan Tonaas Rinto Melekat di Tubuh Kaesang!

Published

on

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Kiri-Kanan), Tonaas Rinto Taroreh (Tengah)

MINAHASA, – Pakaian Kawasaran yang dikenakan Kaesang Pangarep, warnai pergelaran Upacara HUT RI ke-78 di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2023).

Dibalik itu, lantas siapakah yang jadi pembuat baju Kawasaran yang dikenakan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sang istri?

Adalah Tonaas Rinto Taroreh, budayawan muda Minahasa berhasil membawa pakaian Kawasaran melekat ditubuh Putra bungsu Presiden Jokowi Dodo.

Dalam akun pribadinya, Rinto mengaku gembira, ketika menyaksikan Kaesang dan Erina menggunakan Pakaian Kawasaran buatannya sendiri.

“Kegembiraan peringatan Hari Kemerdekaan benar-benar bertambah, saat menyaksikan Kaesang dan Erina menggunakan pakaian Kawasaran pada perayaan HUT RI ke-78 di Istana Merdeka, Jakarta,” ucapnya.

Dirinya menilai, ini adalah wujud penghargaan dan apresiasi terhadap tradisi budaya warisan leluhur Minahasa.

“Ya, secara khusus bagi para pegiat budaya, seniman tradisi Minahasa, dan para pegiat Kawasaran,” tutur Rinto.

Baca juga: Kaesang dan Istri Kenakan Baju Adat Kawasaran-Minahasa saat Upacara di Istana

Dia juga akui, ada rasa haru saat menyaksikan dari balik layar kaca. Sontak, Rinto mengapresiasi aksi Kaesang yang dinilainya menghargai tradisi.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada Kaesang dan Erina sebagai generasi milenial yang berakar kuat dan sangat menghargai tradisi budaya,” ujarnya.

Rasa bangga tak terbendung, sampai berulang kali, Tonaas Rinto mengucapkan terimakasih atas penghargaan terhadap warisan budaya.

Potret Pakaian Kawasaran asal Minahasa, yang dikenakan Kaesang Pangarep dan Erina

“Terima kasih untuk penghargaan dan apresiasi terhadap warisan budaya dan seni tradisi Minahasa, Sulawesi Utara. Karena itu, dengan penuh kerendahan hati dan rasa hormat yang tinggi, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Kaesang dan Erina,” kata Rinto.

Lebih lagi, Tonaas Rinto turut bangga, karena Kaesang terpilih sebagai 1 dari 5 orang dengan busana pakaian adat terbaik pada perayaan HUT RI ke-78 di Istana Merdeka.

“Secara pribadi tentu bangga, karena pakaian Kawasaran Kaesang dibuat langsung oleh tangan saya, di Wale Pahumungen Ne Waraney, Warembungan, Minahasa,” aku sosok fenomenal di bumi nyiur melambai itu.

“Oh ya, Mas Kaesang, jangan lupa hadiah
sepeda dari Pak Presiden digunakan dengan baik ya,” candanya menutup stetmen.

Istri Kaesang Sebut, Pakaian Kawasaran Jadi Simbol Penghormatannya Terhadap Waraney

Erina menyampaikan baju adat Kawasaran ini dipakai sebagai bentuk penghormatan terhadap para waraney atau kesatria.

“Kami memakai baju kawasaran sebagai lambang penghormatan kami kepada para WARANEY (ksatria) bangsa yang telah berjuang melawan penjajah,” jelasnya.

“Kami nyalakan jiwa muda ksatria WARANEY untuk melanjutkan perjuangan memajukan bangsa,” kata Erina dalam Instagram pribadinya, @erinagudono, Kamis (17/8/2023).

Erina menjelaskan Kawasaran sendiri merupakan tradisi leluhur Suku Minahasa serta merupakan tarian Kesatria Minahasa yang disebut Waraney.

“Mulanya Kawasaran dilakukan untuk menjalankan ritual Mahsasau. Kawasaran ‘kawak’ yang berarti ‘melindungi’ dan ‘asaran’ yang berarti ‘sama atau berlaku seperti’ artinya, Kawasaran menjadi sama seperti leluhur di masa lalu, menjadi pelindung tanah, pelindung negeri, pelindung kehidupan,” ucapnya.

Erina menjelaskan, bagian dasar baju adalah kayu alam yang diikat dengan kain tenun pampele dan dipadu-padankan dengan kain tenun kaiwu patola.

“Tata busana dan aksesoris dibuat mengacu pada sustainable fashion dan tidak menggunakan materi hewan asli,” tukasnya.

Continue Reading

Hiburan

Pulang Kampung, Harini Sondakh Ngemil Dodol Amurang: Enak Iskal Kawan!

Published

on

Harini Sondakh saat nikmati Dodol Amurang di pengucapan Minahasa Selatan

BACARITA Hiburan, – Hari Pengucapan Syukur di Sulawesi Utara (Sulut) jadi momen pulang kampung para Artis berdarah Minahasa.

Tak hanya Felicya Angelista, Artis Papan atas Harini Sondakh juga rayakan hari pengucapan syukur di kampung halamannya.

Mantan finalis Miss Indonesia ini dikenal jadi presenter hits tanah air. Namun, ia mulai melirik dunia sinetron dan aktingnya menuai pujian.

Kepulangan Harini Sondakh sudah dinantikan penggemarnya. “Banyak yang komen ka’ nggak pulang pengucapan Minsel (Minahasa Selatan)?” tulis Harini.

“Kong ini dang?” sambungnya, lewat Video Reels ‘Tiba-tiba pulang Kampung’ yang menampilkan dirinya berada di Manado.

Baca juga: Seru! Felicya Angelista ‘Pasiar’ ke Tondano, Naik Pickup hingga Nikmati “Kukis Panada”

Dari unggahan terbarunya, Harini Sondakh sedang menikmati Dodol Amurang. Tampak Harini tak henti-hentinya mengunyah cemilan khas Minahasa itu.

“Enak skali. Enak iskal Kawan,” ungkap Harini dalam unggahannya, Selasa (12/7/2023), sembari menikmati Dodol Amurang.

Selain Dodol Amurang, Harini juga mengunggah makanan khas Pengucapan Syukur seperti Kuah Brenebon, Nasi Jaha (Nasi Jahe), dan berbagai macam makanan khas Manado.

Continue Reading

TRENDING