Connect with us

Politik dan Pemerintahan

Aspirasi Masyarakat Lahendong Terangkum, Lalawi: Siap Kawal Hingga Terealisasi!

Published

on

TOMOHON, – Kelurahan Lahendong gelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Berbagai aspirasi masyarakat telah terangkum dan bakal diteruskan ke Tingkat Kecamatan dan Kota.

Dalam Musrembang, Camat Selfie Datu menerangkan, kegiatan ini bertujuan untuk mengusulkan apa yang akan menjadi program unggulan di setiap Lingkungan yang ada.

“Semua akan diusul. Termasuk peningkatan pembangunan infakstuktur dan sumber daya manusia (SDM). Setelah itu nantinya akan diusulkan secara berjenjang di tingkat kecamatan, sampai dengan tingkat kota,” terang Datu.

Tak lupa, Datu mengingatkan, para perangkat kelurahan dan tokoh masyarakat beserta tokoh agama yang hadir untuk memberikan aspirasi sebagai program prioritas.

“Ini penting untuk peningkatan pembangunan khususnya di Kelurahan Lahendong.” ajak Datu, Kamis (20/01/21), saat membuka kegiatan Musrembang di Balai Pertemuan Umum (BPU).

Disamping itu, Lurah Lahendong Felix Lalawi, S.Pd membeberkan, terdapat program unggulan yang berhasil terangkum. “Ada program yang menonjol, seperti pembuatan wisata pemandian air panas, dan peningkatan air bersih,” bebernya.

Tak hanya itu, lanjut Lalawi, ada juga usulan unggul seperti Pembuatan jalan setapak termasuk irigasi dan sanitasi, Pembuatan jalan desa/kelurahan dari semua Lingkungan.

Lalawi menambahkan, demi kelancaran ekonomi, terdapat usulan penting, seperti Pembuatan kelanjutan jalan perkebunan yang menghubungkan jalan Kelurahan Lahendong- Desa Rambunan khususnya (Kompleks Perkebunan Lampazan).

Kemudian, untuk keamanan, muncul usulan pembuatan dan rehabilitasi Poskamling, Renovasi kantor dan balai kelurahan Lahendong. Peningkatan kesejahteraan aparatur dan perangkat, Pemekaran lingkungan menjadi 12 lingkungan.

Selanjutnya, terkait pelestarian budaya, masyarakat juga mengusulkan agar terealisasinya pengembangan budaya maengket, kolintang, serta mahzani lansia.

Untuk itu, lanjut dia (Lalawi-red), kami pemerintah Kelurahan Lahendong, mengapresiasi semua usulan masyarakat, dan tentunya siap mengawal aspirasi yang diusulkan.

“Kami sebagai pemerintah siap kawal mulai dari Musrembang tingkat kecamatan, serta di tingkat kota, agar kedepannya dapat terealisasikan,” tandas Lalawi.

Perlu diketahui, rangkaian Musrembang kelurahan Lahendong ini, turut disampaikan juga progran utama dari Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Lansot.

Hadir dalam Musrenbang diantaranya Ketua LPM Kelurahan Lahendong Ns Merry Mende, M.Kes, Tokoh Masyarakat, Tokoh Budaya, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda serta Tim Bapelitbangda.

(***) Icad

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *