Connect with us

Berita Terkini

Astaga…!!! Uang Palsu Beredar di Pasar Tomohon, Begini Cara Memastikan Uang Asli atau Bukan…

Published

on

TOMOHON, – Menyongsong perayaan Natal dan Tahun Baru, tentu pasar akan dipenuhi oleh pedagang dan diramaikan oleh pembeli.

Sehingga, berbagai transaksi antara penjual dan pembeli berlangsung secara cepat. Akibatnya, pedagang tak sempat melihat uang tunai yang diberikan pembeli apakah asli atau palsu.

Baru-baru ini, masyarakat di dataran kaki gunung Lokon dihebohkan oleh beredarnya uang palsu di Pasar Wilken Tomohon, yang di-posting oleh pengguna akun media sosial (Medsos) berinisial FW.

Dikatakannya, pedangan harus berhati-hati lantaran beredar uang palsu. “Para pedagang harus berhati-hati untuk transaksi. Uang palsu beredar dipasar wilken Tomohon,” tulis FW di akun Facebook-nya, Sabtu (04/12/21).

Tentunya, masyarakat akan merasakan kerugian yang besar. Apalagi, jumlahnya tidak sedikit.

Mencegah hal ini terjadi, berikut cara memastikan uang asli, yang dikutip dari detik.com, agar terhindar dari kejadian yang sangat merugikan itu.

Dilihat
Untuk memeriksa uang asli atau palsu, maka bisa dengan memastikan warna uang tampak terang dan jelas.

Terdapat benang pengaman dan logo BI yang dapat berubah warna bila dilihat dari sudut pandang berbeda dengan cara digerakkan ke atas, bawah, atau samping. Lihatlah keberadaan benang tersebut dengan seksama.

Kemudian, terdapat tulisan BI yang tersembunyi dapat dilihat pada sudut pandang tertentu.

Oleh karena perlu memposisikan sudut pandang kita untuk mencari ciri kasat mata ini. Caranya, bisa dengan membolak-balikkan uang dengan perlahan.

Selain itu, akan tertera cetakan berupa garis-garis lurus dalam bidang tertentu yang akan menimbulkan efek warna pelangi apabila dilihat dari sudut pandang tertentu.

Diraba
Metode selanjutnya untuk mengetahui keaslian uang Rupiah adalah dengan meraba permukaan uang kertas di bagian angka nominal, huruf terbilang, gambar utama, dan lambang negara burung Garuda.

Bagian-bagian tersebut akan terasa kasar bila diraba.

Ada pula kode tertentu untuk mengenal jenis pecahan bagi tuna netra, yang juga akan terasa kasar bila diraba.

Diterawang
Saat diterawang, uang Rupiah asli akan menampilkan tanda air atau watermark berupa gambar pahlawan dan gambar saling isi yang membentuk logo BI.

Selain itu, akan terdapat tulisan yang berukuran sangat kecil yang hanya dapat dibaca dengan bantuan kaca pembesar.

Ada pula metode lain untuk membuktikan cetakan yang tidak kasat mata pada uang. Caranya dengan meletakkan uang kertas di bawah sinar UV.

Di bawah sinar UV, cetakan kasat mata serta nomor seri uang akan memendar di bawah sinar UV.

Richard Ering ***

Berita Terkini

[HOAX] KFC Bagi Seember Ayam Gratis! Warga Sulut ‘Terhipnotis’

Published

on

Postingan Akun Fanepage KFC Fans Indonesia yang viral

SULUT, – Sebuah postingan akun KFC Fans Indonesia di Facebook, sontak menghipnotis mata ribuan warga, bahkan di Sulawesi Utara (Sulut).

Betapa tidak, isi pesan dalam postingan itu menyebut, bakal meneraktir seember ayam gratis bagi siapa saja yang membagikan postingan itu.

Narasi dalam postingan itu, menulis: “Minggu ini kami merayakan 45 tahun KFC, jadi kami ingin mentraktir semua orang dengan seember Ayam (gratis). Pada tanggal 24 November, kami akan memberi hadiah kepada mereka yang Membagikan postingan ini, masing-masing akan memenangkan satu ember berisi 12 Ayam”.

Lantas, dari penelusuran media ini, Selasa (21/11/2023) sudah ada 60 ribu lebih yang membagikan postingan, dengan komentar “HBD KFC”.

Namun, benarkah KFC membagi-bagikan paket camilan secara gratis?

Pesan yang menyatakan KFC membagikan seember ayam secara gratis itu adalah penipuan.

Kejadian yang sama pernah terjadi beberapa bulan yang lalu. KFC disebut-sebut akan membagikan 3000 paket cemilan gratis.

Namun, KFC Indonesia melalui akun resmi Instagramnya perna membantah pesan tersebut berasal dari mereka.

“Kami, PT Fast Food Indonesia menyatakan KFC Indonesia tidak mengadakan survey berhadiah,” demikian keterangan resmi @kfcindonesia yang dibagikan melalui cerita Instagram.

KFC pun mengimbau masyarakat yang menerima pesan tersebut untuk tidak mengisi data apa pun dalam survei tersebut dan tidak menyebarkan kembali.

KFC menegaskan setiap program, promosi, dan survei resmi hanya dilakukan lewat media sosial KFC Indonesia.

“Akun resmi KFC Indonesia telah memiliki centang biru. Selain melalui akun resmi, program juga dapat dilihat lewat situs kfcku.com,” tutur pihak PT. Fast Food Indonesia.

Sementara, postingan yang beredar hanyalah akun Fanpage dengan jumlah followers 16 Ribu, dan Like 6,8 Ribu.

Continue Reading

Berita Terkini

Pebulutangkis Greysia Polii Punya Mimpi Besar untuk Kota Tomohon! Simak Penjelasannya…

Published

on

Adi (Kiri), Greysia Polii (Tengah), Felix Djimin (Kanan)

TOMOHON, – Atlet pebulutangkis Indonesia Greysia Polii bertekad untuk membangun kampung halamannya, Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut).

Dalam pertemuannya dengan sejumlah wartawan, Rabu (13/9/2023) Greysia menyebut dirinya punya mimpi untuk berkontribusi mengembangkan Tomohon.

Mimpi itu diawali dari tersedianya hunian yang nyaman bagi warga di dataran kaki gunung Lokon itu.

Berita terkait: Grazia Residence Permudah Masyarakat Wujudkan Rumah Impian Dimasa Pandemi

Inspirasi untuk terjun ke dunia properti didapat Greysia dari almarhum Ciputra, pengusaha ternama di Indonesia sekaligus pendiri klub bulutangkis Jaya Raya, klub asal Greysia.

Kala itu Ciputra menyarankan Greysia untuk berinvestasi dengan membeli tanah dan rumah.

“Setelah dapat masukan dari pak Ciputra, saya mulai beli tanah di Tomohon pada tahun 2014,” tuturnya.

Lalu, Greysia beranggapan, pembangunan perumahan di daerah (Tomohon-red) yang masih tertinggal dikala itu, apalagi daerah di luar pulau Jawa.

“Padahal Tomohon juga salah satu destinasi wisata yang punya potensi dan mendapat perhatian dari pemerintah,” kata Greysia.

Dikatakan, jalan mulai terbuka saat Greysia bertemu dengan pemerintah kota Tomohon yang sedang mencari investor untuk membangun perumahan bersubsidi.

Apalagi saat itu, bukan hal yang mudah untuk mendapatkan investor yang mau berkomitmen mengembangkan daerah.

Greysia berhasil merampungkan pembangunan tahap pertama untuk pembangunan rumah hunian bernama Grazia Residence.

Kini, pihaknya hampir menyelesaikan pembangunan tahap kedua dengan total 100 unit rumah.

Usai itu, menegemen Grazia Residence akan terjun ke pembangunan tahap ketiga, yang bakal digarap di Tomohon Selatan.

“Ya, dengan target 200 unit rumah yang rencananya bakal dipasarkan pada awal tahun 2024,” ungkap Felix Djimin, direktur Grazia Residence yang adalah suami tercinta Greysia Polii.

Greysia juga dikenal sebagai Srikandi yang mengutamakan komitmen untuk memberikan yang terbaik dalam bisnis yang digelutinya.

Termasuk proyek Grazia Residence yang dalam proses pengerjaannya diawasi dengan sangat ketat serta menggunakan bahan-bahan bangunan yang berkualitas.

Sehingga rumah sudah siap huni tanpa harus direnovasi terlebih dahulu oleh pembeli. Tak heran jika Grazia Residence disebut-sebut sebagai perumahan subsidi rasa komersil.

Lebih lagi, pembangunan Grazia Residence juga membantu perekonomian daerah dengan menyediakan lapangan kerja bagi warga setempat.

Baca juga: Sepatu Sneaker, Usaha Milik Greysia Polii di Beli Presiden, Jokowi: Kesukaan Saya

Tak berhenti di Grazia Residence, Greysia juga punya mimpi membangun fasilitas olahraga, khususnya bulutangkis di Tomohon.

Greysia berharap muncul generasi penerus di bidang olahraga yang nantinya bisa mengharumkan nama Tomohon bahkan nama Indonesia dengan prestasi tingkat dunia.

“Grazia Residence ini menjadi langkah awal saya dalam berpartisipasi untuk perkembangan kota Tomohon,” tutur Greysia.

Kedepannya, kata Greysia, ia bakal membangun hall badminton, untuk memfasilitasi anak-anak di Tomohon bermain badminton.

“Bisa saja gedung dan fasilitas olahraga di dalam perumahan,” tambahnya, usai pemberian kunci secara simbolis, di Grazia Residence.

“Keinginan itu ada, karena saya juga ingin putra-putri daerah Tomohon punya wadah untuk mengasah kemampuan dan harapannya tentu bisa berprestasi,” kata perempuan kelahiran Jakarta, 11 Agustus 1987 ini.

Lewat perumahan ini, Greysia berharap semakin banyak warga Tomohon yang memiliki akses akan tempat tinggal yang bermutu.

“Grazia Residence bukan hanya tentang properti, tetapi juga tentang upaya memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Tomohon,” tukas Greysia.

Continue Reading

Berita Terkini

“SuLu”, Wadah Perkuat Kemitraan Pers dan KPU Tomohon, Pijoh: Media jadi Ujung Tombak!

Published

on

Sekretaris dan Komisioner KPU kota Tomohon

TOMOHON, – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon Albertien Pijoh sebut, media jadi unjung tombak dalam kesuksesan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 nanti.

Terucap, saat pertemuan Pers dan para Komisioner KPU Tomohon dalam kegiatan yang mengangkat judul kearifan lokal “Sumirita Pemilu” (SuLu), Jumat (25/8/2023).

Saat itu, Pijoh mengungkap, pentingnya peran media dalam mensosialisasikan proses berjalannya tahapan Pemilu, untuk masyarakat.

“Media sangat penting untuk Pemilu. Karena media jadi jembatan antara kami (KPU Tomohon) dan masyarakat serta penguatan edukasi tentang pemilu,” ungkap Pijoh.

Dia memastikan, pihaknya sangat terbuka dan transparan bagi insan pers. “Hubungi kami jika butuh informasi terkait pemilu. Kami akan sangat terbuka untuk media,” tutur Albertien Pijoh.

“Silahkan hubungi kami kapan saja. 24 jam saya siap. Lewat telepon, bisa juga di ruangan kantor KPU,” pinta Pijoh, sembari menyeruput kopi, di Aula KPU Tomohon.

Dari pemantauan media ini, disela-sela diskusi yang menyenangkan itu, tampak kelima komisioner begitu akrabnya dengan insan Pers.

Nampak Ketua KPU Albertien Pijoh, dan para komisioner Youne Simangunsong, Arinny Poli, Deisy Soputan, Rojer Datu, dan sekretaris KPU Anita Tampi, terus menghibur dan terhibur dalam diskusi santai itu.

Continue Reading

TRENDING