Connect with us

Politik dan Pemerintahan

Abadikan Tomohon Kota Toleransi, Senduk Adakan Dialog antar Umat Beragama

Published

on

Walikota Tomohon Caroll Senduk SH saat membuka Dialog antar Umat Beragama

TOMOHON, – Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH membuka kegiatan sosialisasi/dialog antar umat beragama di Kota Tomohon yang digelar di Hotel Wise Tomohon, selasa (26/10/2021).

Tema yang diangkat dalam kegiatan ini, yakni: “Moderasi Beragama Kunci Terciptanya Toleransi dan Kerukunan”.

Pada kesempatan itu, Walikota Senduk mengataka, moderasi beragama tak terpisahkan dari jati diri bangsa yang sesuai dengan karakter Bangsa Indonesia semenjak bangsa kita berdiri. 

“Segenap masyarakat Kota Tomohon sangat bersyukur bahwa kita mewarisi Bhinneka Tunggal Ika dari para pendiri Bangsa Indonesia,” terangnya.

Toleransi, kata dia, merupakan bagian penting dari moderasi beragama, dan kesempatan ini kami menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada para tokoh agama yang ada di Kota Tomohon.

“Baik sebagai pendeta, pastor, gembala, imam yang adalah sebagai pejuang iman menurut agama dan kepercayaan masing-masing, serta sebagai pejuang untuk memperkokoh dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia di era reformasi saat ini,” tutur Walikota.

Dirinya berharap, melalui kegiatan ini tentu dapat memperkuat peran tokoh-tokoh agama yang sangat strategis untuk peningkatan kesejahteraan dalam masyarakat serta terlebihnya membina kerukunan antar umat beragama di Kota Tomohon.

Kepada para tokoh agama, Senduk mengajak, meski ditengah pandemi covid 19 ini, untuk terus mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat.

“Ya, terlebih bersama-sama menyukseskan program pemerintah kaitan dengan kegiatan vaksin Covid-19,” tandasnya.

Senada dengan itu, Wakil Walikota Wenny Lumentut SE menambahkan moderasi beragama di Kota Tomohon adalah mutlak.
“Kerukunan antar umat beragama di Kota Tomohon sudah tercipta sejak lama, sehingga kita semua sebagai masyarakat Kota Tomohon didalamnya para tokoh agama untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan bersama,” tutup Lumentut.

Untuk diketahui, pemateri dalam kegiatan, Dandim 1302 Minahasa Letnan Kolonel Inf Herbeth Andi Amino Sinaga SIP, Kajari Tomohon Fien Ering SH MH, Ketua PN Tondano Nova Loura Sasube SH MH.

Hadir juga Kaban Kesbangpol Kota Tomohon Ronni Lumowa S Sos MSi sebagai unsur pelaksana kegiatan bersama para tokoh agama di Kota Tomohon.

R.E

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *