Connect with us

Berita Terkini

Terasa di Tomohon, Gempa Berkekuatan 5.3 Guncang Barat Laut Halmahera

Published

on

Titik Koordinat Gempa yang di-update BMKG Sulawesi Utara

SULUT, – Analisi BMKG, Gempa berkekuatan Magnitudo 5.3 mengguncang bagian Barat Laut Halmahera Barat, Maluku Utara (Malut). Selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi magnitudo Mw=5,3. Kejadian tersebut jelas terasa hingga di Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut). Rabu, (22/09/21).

“Pusat gempa berada di titik 128 Km Barat Laut Halmahera Barat, Maluku Utara, terjadi pada pukul 20:03 WITA,” tulis BMKG Sulawesi Utara di akun Facebook-nya sebelum dilakukan pemutakhiran dengan BMKG Pusat.

Informasi BMKG Sulawesi Utara terkait terjadinya gempa baru-baru ini.

Titik koordinat gempa tersebut yaitu 1.85 Lintang Utara (LU), dan 126.60 Bujur Timur (BT), dengan berkedalaman gempa yakni 10 Km.

Kemudian, Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki magnitudo Mw=5,2, yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi magnitudo Mw=5,3.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,9° LU ; 126,57° BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 136 km arah Barat Laut Kota Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara pada kedalaman 42 km.

Hasil Monitoring BMKG sulut dan BMKG Pusat

Hingga pukul 20.45 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 (satu) aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ) dengan magnitudo M=3,2.

Diketahui, Gempa Mag 5.3 di Maluku, Tidak Berpotensi Tsunami.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, M.Si menghimbau Kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Diharapkan masyarakat agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” pintanya.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” tukas Bambang.

Peliput: Richard Ering

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *