Connect with us

Politik dan Pemerintahan

Turun Langsung Kubur Jenazah Covid-19, Camat Tomohon Selatan Diapresiasi Masyarakat

Published

on

Camat Tomohon Selatan Stenly Mokorimban

TOMOHON, – Tak tanggung-tanggung, Camat Tomohon Selatan Stenly Caroll Mokorimban SH, turun langsung kubur jenazah seorang Ibu berusia 65 tahun, salah satu pasien Covid-19 asal Kelurahan Lansot yang meninggal di RSUD Anugerah Tomohon, Sabtu (17/7/2021).

Tindakan Pemimpin Kecamatan yang satu ini, menjadi sorotan positif bagi kalangan Netizen maupun dari masyarakat. Berbagai pujian dan apresiasi membanjiri sebuah akun Facebook yang mengabadikan tindakan spontan dari Camat Tomohon Selatan itu.

Pasalnya, Pemakaman yang berlangsung sekira pukul 17:00 Wita itu tampak seorang pemimpin Kecamatan yang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) turun dan ikut memakamkan jenazah Covid-19 di pemakaman umum keluarahan Lansot, Tomohon Selatan.

Tindakannya itu, diabadikan oleh salah satu tenaga kesehatan yang ikut mengantar jenazah Covid-19 diladang pekuburan. “Terimakasih Pak Camat Tomohon Selatan, telah bersedia menjadi relawan,” ucap Nakes seraya mengarahkan kamera ke Stenly lewat live streamingnya di akun Facebook-nya.

Camat Tomohon Selatan bersama Tenaga Kesehatan, Polpp, Perangkat Kelurahan dan Tim Pemakaman Jenazah Covid-19

Disamping itu, Henny Bororing SE selaku Lurah Lansot mengatakan, spontanitas Camat Stenly Mokorimban itu dikarenakan tidak adanya petugas pemakaman. “Ya, ada Tiga petugas pemakaman yang berhalangan,” ungkap Bororing.

“Ada petugas yang kurang sehat, ada juga yang masih berduka karena istrinya meninggal, dan ada yang punya luka di bagian kaki,” sambungnya.

Memang sebelumnya, lanjut Bororing, pihaknya sudah berusaha mencari pengganti untuk bertugas memakamkan jenazah, namun tidak ada yang bersedia. “Keluarga jenazah telah memberi diri, tapi tidak saya izinkan, karena mereka termasuk kategori kontak erat, sementara isolasi,” tuturnya.

Kespontanan Camat Stenly ini pun menuai apresiasi dari masyarakat setempat. Seperti yang diungkapkan seorang warga Tomohon Selatan, Angel Pongajow, dirinya berkata sikap pemimpin seperti pak Stenly patut diacungi jempol. “Ini merupakan sikap seorang pemimpin yang hebat,” ujar Angel.

Begitu pula yang diungkapkan oleh Alvian Karundeng, kepada wartawan, ia mengungkapkan rasa bangganya memiliki pemimpin Kecamatan yang berjiwa pahlawan seperti pak Stenly.

“Keberanian yang dilakukan pak Camat itu sangat jarang saya temui, selain menjabat sebagai Camat tapi masih mau jadi petugas pemakaman jenazah Covid-19,” pungkas Alvian yang merupakan warga Kelurahan Lansot.

Sementara, Camat Tomohon Selatan Stenly Caroll Mokorimban SE kepada wartawan mengungkapkan bahwa tindakannya itu sudah menjadi kewajiban setiap pemimpin. “Ini merupakan bentuk meyakinkan masyarakat untuk tidak takut dalam menghadapi kejadian seperti ini,” kata Stenly.

Dia (Stenly-red) berharap masyarakat tidak perlu takut ketika diberikan tugas pemakaman seperti saat ini. “Mulai dari Rumah Sakit, Jenazah sudah dibungkus, petinya di semprot disinfektan. Kita (petugas pemakaman) sudah dilengkapi APD baju hazmat, masker dan sebagainya,” terangnya.

Dirinya memastikan dalam memakamkan jenazah Covid-19 itu terjamin keamanannya. “Jadi, jika ada lagi kejadian seperti ini di Kota Tomohon, lebih khusus di Tomohon Selatan, masyarakat tidak perlu takut. Saya pastikan kita aman dan tidak akan terpapar Covid-19,” tukasnya.

Untuk diketahui, pemakaman tersebut dihadiri, Pdt Feine Moningka yang memimpin ibadah pemakaman, TNI, Polri, Kepala Puskesmas, Sat Pol-PP dan BPBD Kota Tomohon.

Richard Ering

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *