Connect with us

Politik dan Pemerintahan

Bentuk Sinergitas, Pemkot-Pemprov Fokuskan Eksistensi UMKM Tomohon

Published

on

Bentuk Sinergitas, Pemkot-Pemprov Fokuskan Eksistensi UMKM Tomohon
Kepala dinas koperasi dan UKM Sulawesi Utara Ir. Ronald Sorongan

TOMOHON, Bacarita.id – Walikota Tomohon yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Ir. Enos Pontororing, M.Si. menghadiri Rapat Koordinasi Daerah Terkait Perencanaan Pusat dan Daerah di Tingkat Provinsi, Rabu (16/06) 2021.

Rakorda ini diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Daerah Provinsi Sulawesi Utara yang dilaksanakan selama Tiga hari, yakni dari tanggal 16 hingga 18 Juni, di Hotel Villa Emitta Tomohon.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Daerah Provinsi Sulawesi Utara Ir. Ronald Sorongan, M.Si menjelaskan, Rakorda ini bertujuan untuk membangun serta meningkatkan sinergitas antara Provinsi dengan Kabupaten/Kota.

“Dengan bersinergi, kita dapat bersama-sama mengembangkan ekonomi terkait perencanaan pusat dan daerah di tingkat provinsi serta pembinaan dan pendataan usaha koperasi dan UMKM,” jelas Sorongan.

Dia (Sorongan-red) melanjutkan, terkait Usaha mikro kecil menengah (UMKM), pihaknya akan menfokuskan melalui pembinaan, agar eksistensi UMKM tetap terjaga. “Dengan begitu, meski dimasa Pandemi Covid-19, perekonomian Sulut akan tetap meningkatkan,” ucapnya.

Sebelumnya Asisten Dua Ir. Enos Pontororing, M.S mengutip sambutan Walikota Tomohon, berharap agar kehadiran koperasi dapat menunjukkan fungsi dan perannya dalam mendukung kebijakan nasional sebagai tiang penyanggah utama ekonomi.

“Pastinya ini sebagai penyeimbang kekuatan ekonomi, koperasi berperan dalam mendorong munculnya ekonomi biaya rendah, dengan cara memacu efisiensi yang bersifat teknis, alokatif dan sosial,” pintah Pontororing.

Dirinya juga mengingatkan agar koprasi dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat, terutama yang datangnya dari kekuatan usaha yang lebih besar, dan mendominasi dalam pasar dan harga agar tetap memainkan perannya, untuk dapat meningkatkan kualitasnya, dalam kehidupan perkoperasian.

“Kita sama-sama bersinergi demi kelancara ekonomi masyarakat, dan saya percaya melalui rakor ini kita dapat merubah dan mengarahkan Sulut lebih baik lagi,” pungkas Pontororing.

Diketahui Rakorda ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten/Kota Se- Provinsi Sulawesi Utara.

*Icad

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *