Connect with us

Politik dan Pemerintahan

Mudahkan Pelayanan Masyarakat, Pemkot Tomohon Kembangkan Puskesos-SLRT

Published

on

Mudahkan Pelayanan Masyarakat, Pemkot Tomohon Kembangkan Puskesos-SLRT
Asisten Toar Pandeirot saat membacakan sambutan Walikota Tomohon

TOMOHON, Bacarita.id – Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH melalui Assisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Toar Pandeirot SPd MM, membuka kegiatan Sosialisasi persiapan pembentukan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) – Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Kota Tomohon, dilaksanakan di Balai Kelurahan Kakaskasen dua Tomohon Utara, Selasa (15/6/2021).

Puskesos dan SLRT yang merupakan layanan satu pintu penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang didukung dengan aplikasi yang real time berbasis android dan web sehingga layanan dapat dilaksanakan secara cepat, tepat sasaran dan responsif.

Pandeirot mengutip sambutan Walikota Tomohon mengatakan, Puskesos – SLRT merupakan garda terdepan dalam pelayanan sosial kepada masyarakat, termasuk di masa pandemi covid-19. Sebagaimana diatur dalam Permensos Nomor 15 tahun 2018.

“Dari 140 Kabupaten Kota, Tomohon adalah salah Satu Kota di Indonesia yang ditetapkan sebagai lokasi pelaksanaan Puskesos – SLRT tahun 2021, ditetapkan dengan alokasi Kelurahan sebanyak 2 Kelurahan yaitu Kelurahan Kakaskasen dua dan Kelurahan Lansot,” beber Pandeirot.

Pada kesempatan itu, dirinya berharap Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Sosial senantiasa bersinergi dengan Direktorat Pemberdayaan Sosial Perorangan Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat Kementerian Sosial RI dalam mengadakan sosialisasi persiapan pembentukan Puskesos – SLRT Kota Tomohon. 

Diharapkannya pula bagi para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memahami dan merumuskan langkah-langkah terbangunnya SLRT dan Puskesos di Kota Tomohon secara baik. “Dengan begitu Kota Tomohon bisa dijadikan sebagai contoh untuk Kota yang lainnya,” pintah Pandeirot.

Dia (Pandeirot-red) mewakili pemerintah Kota Tomohon memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Direktorat Pemberdayaan Sosial Perorangan Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Dinas Sosial Daerah yang telah melaksanakan kegiatan ini. “Sungguh kegiatan yang sangat penting bagi kemajuan kota Tomohon,” ucap Pandeirot.

Sebelumnya Kadis Sosial Daerah Kota Tomohon Vonnie Montolalu SPd menjelaskan, maksud tujuan kegiatan ini diantaranya meningkatkan kompetensi bagi para peserta agar dapat memahami dan mampu menjalankan aplikasi Puskesos – SLRT dengan baik.

“Kepuasan masyarakat dengan pelayanan yang cepat dan akurat tentu merupakan tujuan kami,” tukas Vonnie Montolalu.

Untuk diketahui, narasumber dalam kegiatan ini yakni perwakilan Dirjen Kementerian Sosial Puji Dwianto M SE, bersama Muhamad Kahfi. Hadir pula para peserta kegiatan dari unsur Dinas Sosial, Puskesos Kelurahan Kakaskasen dua dan Kelurahan Lansot, petugas Front office dan back office Kota Tomohon, serta para perwakilan Perangkat Daerah terkait.

*Icad

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *