Connect with us

Bisnis dan Ekonomi

Dongkrak Kelompok Usaha Wanita, CSR BRI Peduli Diterima Ketua TP PKK

Published

on

Dongkrak Kelompok Usaha Wanita, CSR BRI Peduli Diterima Ketua TP PKK
Foto bersama TP PKK dan Tim Penyerah CSR BRI, serta Kelompok Usaha Wanita

TOMOHON, Bacarita.Id – Penyerahan CSR (corporate social responsibility) BRI peduli woman communi-tree untuk kelompok usaha wanita, diterima langsung oleh Ketua TP PKK Kota Tomohon Ny, drg JeanD’arc Senduk-Karundeng. Senin, (07/06) 2021, di Gardenia Country Inn, Kakaskasen, Tomohon Utara.

Dalam sambutannya, JeanD’arc menjelaskan kegiatan ini merupakan bagian penting dari tanggung jawab sosial perbankan kepada masyarakat Kota Tomohon khususnya melalui kelompok ini. “Pastinya juga dalam rangka hari Kartini”, jelasnya.

Sehubungan dengan itu, dia (JeanD’arc-red) memberikan apresiasi dan rasa terimakasihnya kepada pihak Bank BRI Kanwil Manado yang telah mewujudnyatakan tanggung jawab sosial perbankan kepada masyarakat. “penyerahan CSR ini akan menggerakkan perekonomian Kota Tomohon,” ucapnya.

Diharapkannya pula, melalui kegiatan ini akan menambah motivasi masyarakat Kota Tomohon agar lebih giat dalam mengelolah usaha pertanian. “Dengan begitu, nantinya kita dapat menyumbangkan kontribusi ekonomi yang besar untuk Tomohon yang lebih baik,” pintah JeanD’arc.

“Penyerahan ini merupakan wujud kerjasama yang sudah terjalin baik, diharapkan kerjasama ke depan lebih baik lagi,” imbuh JeanD’arc yang pada saat itu didampingi oleh Ny Eleonora Lumentut-Sangi.

Untuk diketahui, bantuan CSR BRI yang diserahkan sebesar Rp 100.000.000, diserahkan oleh Operation Head Kanwil BRI Manado Bpk Dian Islami, dan diterima Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tomohon drg JeanD’arc Senduk-Karundeng.

“Semoga kegiatan ini terus dilakukan dan diikuti oleh perusahan-perusahan dan usaha jasa perbankan lainnya secara berkesinambungan, untuk mewujutkan Tomohon maju, berdaya saing dan sejahtera,” tandas JeanD’arc.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Enos. Pontororing, MSi, Kabag DJS Ibu Patrice Poluan, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Steven Waworuntu SSTP serta kelompok usaha wanita. *Icad

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bisnis dan Ekonomi

Milenial Tomohon di Mata Ronny Sompie: Punya Passion yang Inspiratif!

Published

on

Almontana Paat, Ronny Sompie, dan Cindy Rantung

TOMOHON, – Sehari penuh Irjen. Pol. (Purn.) Dr. Ronny Franky Sompie, S.H., M.H. sambangi kota didataran kaki gunung Lokon.

Dalam kunjungannya pada Jumat (10/11/2023), Ia akui menemukan banyak inspirasi yang timbul dari passion Milenial di Tomohon.

Kekagumannya muncul saat Sompie menyeruput kopi di Elmonts Coffee and Roastery, Kota Tomohon.

Ditempat itu, ia bertemu dengan Almontana Paat alias Emon, figur petani milenial yang eksis menggeluti budidaya tanaman kopi di Kota sejuk itu.

Baca juga: Bangga! Almontana Cs Sambut Kunjungan Dubes Heri, Genjot Ekspor Kopi Tomohon ke Jepang!

Sompie akui, ini adalah hal yang sangat bermanfaat bagi setiap petani kopi. “Kalian harus belajar bersama seorang Almontana Paat, untuk memperkuat budidaya Kopi di Tomohon,” ucapnya.

Bagaimana tidak, kata dia, Almontana Paat berhasil memproduksi Kopi tanpa bergantung pada pupuk Kimiawi.

“Teman kita ini (Emon) mampu membuat pupuk sendiri dari bahan organik, seperti sisa makanan yang diolah sendiri menjadi pupuk,” ungkapnya kagum.

Bukan hanya itu, Sompie mengatakan, ia mendapat inspiratif tentang pembuatan pupuk padat dari ampas kopi.

Baca: Terima Bantuan 3000 Bibit Rempah dari BI, Warga Akui Materi Sosialisasi Tanam Mudah Dipahami

“Kisah inspiratif ini, harus kita gelorakan untuk generasi milenial dan Gen-Z, khususnya di Kota Tomohon,” ketusnya.

Dirinya menerangkan pentingnya mempelajari hal ini dalam memulai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Apalagi, jenis usaha yang berhubungan dengan dunia pertanian.

Baca: Punya Semangat Berkarya, Cindy Rantung: Kosgoro 1957 Tomohon Solid Menangkan Golkar!

Dari pemantauan media ini, Sompie juga sempat bercerita dengan akademis muda Cindy Rantung, SH, MH yang dinilainya miliki jiwa inspiratif dan berani berkarya.

“Orang-orang seperti ini, yang kita butuhkan untuk pembangunan kota Tomohon lebih baik lagi,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Ronny Sompie merupakan politisi partai Golkar yang bakal maju di pemilihan legislatif (Pileg) DPR-RI, Dapil Sulawesi Utara (Sulut) Nomor urut 3 (Tiga).

Continue Reading

Bisnis dan Ekonomi

Bangga! Almontana Cs Sambut Kunjungan Dubes Heri, Genjot Ekspor Kopi Tomohon ke Jepang!

Hal ini berpotensi eksportir Kopi asli Tomohon ke Tokyo, Jepang. Pasalnya, para pengusaha kopi milenial mempromosikan Kopi Tomohon kepada Dubes Heri.

Published

on

TOMOHON, – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Jepang Heri Akhmad bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) Wilayah Sulawesi, Maluku, Papua (SulaMPua) rangkul para pebisnis kopi muda asal Tomohon.

Hal ini berpotensi eksportir Kopi asli Tomohon ke Tokyo, Jepang. Pasalnya, para pengusaha kopi milenial mempromosikan Kopi Tomohon kepada Dubes Heri, pada Rabu (7/6/2023), di kantor Bea Cukai Bitung.

“Ya, kami diberi kesempatan untuk mempromosikan kopi Lokal Sulawesi Utara, yakni kopi Arabika Tomohon, Arabika Minahasa Koya, dan Robusta Kotamobagu yang menjadi potensi eksport barang jadi,” ungkap owner Emonts Coffee Almontana Paat.

Almontana juga mengajak para pengusaha kopi asal Tomohon, yakni Marcelino Kawuwung Owner Garrison Coffee, dan David Parengkuan Owner Thirtyseven Coffee Tomohon.

“Terima kasih BI Sulut yang sudah mempercayakan kami menyajikan kopi-kopi lokal Sulawesi Utara kepada Duta Besar RI untuk Jepang,” ucap Almontana Paat.

Kunjungan Dubes Heri, kata dia (Almontana-red) jadi penambah wawasan bagi para pengusaha Kopi di Tomohon, untuk melayani dengan menyajikan Kopi bagi para diplomat.

“Ini penting untuk kami (pengusaha kopi), agar para diplomat dapat menikmati kopi asli Tomohon, baik dari cara bahasa, gestur, dan cara menjelaskan hospitality ke mereka,” tuturnya.

Perlu diketahui, Indonesia merupakan eksportir kopi ke 6 terbesar ke Jepang setelah Brazil, Vietnam, Kolombia, Guatemala, dan Ethiopia.

Indonesia menguasai pangsa pasar kopi sebesar 2,5% di Jepang. Adapun kinerja ekspor kopi Indonesia ke Jepang pada tahun 2020 sebesar USD 60,4 juta.

Sedangkan pada periode Januari-September 2021 tercatat sebesar USD 48,6 juta atau meningkat 9,62% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Ichad

Continue Reading

Bisnis dan Ekonomi

Terima Bantuan 3000 Bibit Rempah dari BI, Warga Akui Materi Sosialisasi Tanam Mudah Dipahami

Published

on

Proses jalanan sosialisasi tanam bibit barito

TOMOHON,- Bank Indonesia (BI) terus mendorong pertumbuhan ekonomi yang tentu jadi ‘Pupuk’ kesejahteraan masyarakat, khususnya didataran kaki gunung Lokon.

Buktinya, pada Rabu (10/5/2023), BI memberi suntikan bantuan 3000 bibit barito bagi 200 masyarakat Tomohon, bertajuk Penyerahan dan Sosialisasi Perawatan Bibit Barito kepada Keluarga Pra-sejahtera.

Dalam pelaksanaannya, ratusan masyarakat itu menerima asupan ilmu menanam dari pemantik berpengalaman Almontana Paat, yang juga bagian dari Petani Unggulan Bank Indonesia (PUBI).

Pengusaha muda itu memberi materi yang mudah dicerna masyarakat, itu sebabnya, peserta sosialisasi tampak mengangguk-angguk ketika pemateri membagikan ilmunya.

Masyarakat penerima bantuan dan ilmu tanam rempah itu akui tingkat pemateri sosialisasi mudah dipahami. Seperti halnya Ibu Riske Lengkong, yang merupakan peserta dalam sosialisasi itu.

Dirinya akui, ilmu dan pengalaman yang diberikan pemateri Almontana Paat itu gampang dimengerti. “Ya, baru kali ini saya tahu teknik menanam yang benar. Materi yang diberikan gampang dimengerti. Jadi langsung paham,” ungkap Riske.

Di penghujung sosialisasi, Almontana berharap, dengan teresapnya materi yang ia beri, dapat bermanfaat bagi masyarakat, dan tentu mensejahterakan lewat hasil tanam rempah.

“Jaga dan rawat baik-baik bibit ini. Pastinya dapat menguntungkan kita, dan sangat baik bagi perekonomian kita,” terang Petani Kopi yang juga pemilik salah satu Kedai Kopi di Tomohon itu.

Tak lupa, Almontana berterimakasih dan mengapresiasi program Bank Indonesia, atas capaian kinerja yang baik lewat pemberian 3000 bibit barito untuk 200 masyarakat kota Tomohon.

Perlu diketahui, dari 200 masyarakat yang hadir, 1 peserta mendapat 15 jenis rempah dari 3 komoditi, yaitu 5 Tanaman Rica, 5 Tomat, dan 5 bawang, serta pupuk.

Ichad

Continue Reading

TRENDING