Connect with us

Berita Populer

WL Tegaskan Sejarah Ro’ong Tinoor Harus Diwariskan kepada Anak Cucu Kita

Published

on

Proses berjalannya kegiatan seminar sejarah dan berdirinya Hari Ulang Tahun Ro'ong Tinoor

TOMOHON, – Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE menegaskan, sejarah berdirinya Ro’ong (kampung) Tinoor harus dipahami oleh generasi muda. Hal itu dikatakannya dalam kegiatan Seminar Sejarah dan HUT Berdirinya Ro’ong Tinoor, pada Senin, (24/05) 2021, bertempat di BPU Kelurahan Tinoor dua.

Lumentut menilai, kegiatan yang bertemakan “Seminar sejarah dan berdirinya Ro’ong Tinoor”, sangat bermanfaat bagi generasi muda. “pembudidayan kearifan lokal yang ada di Tinoor sangat penting untuk dipahami oleh anak cucu kita” jelas Lementut.

Dirinya juga mengapresiasi atas seminar sejarah hari ulang tahun berdirinya Ro’ong Tinoor yang telah berjalan dengan baik meski diguyur hujan deras . “Melalui kegiatan ini, kita dapat melihat semangat dan antusias dari masyarakat Tinoor yang tetap menjunjung tinggi nilai-nilai Sejarah,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia seminar Stevano Purukan STh dalam laporannya membeberkan maksud dan tujuan kegiatan adalah mewujudkan aspirasi masyarakat dan harapan masyarakat Tinoor. “Tentu dengan meningkatkan partisipasi publik terkait sejarah adat dan istiadat Tinoor untuk lebih disempurnakan,” bebernya.

Dia melanjutkan dengan kegiatan ini, dapat menguatkan peran kelembagaan dalam mengelola, memelihara dan melestarikan warisan sejarah, adat, budaya dan seni Roong Tinoor serta mengesahkan dan menetapkan sejarah dan HUT berdirinya Roong Tinoor,” tandas Purukan.

Diketahui Tema dalam kegiatan tersebut, “Seminar sejarah dan berdirinya roong Tinoor”, dan berSub Tema “Melalui kegiatan seminar sejarah dan berdirinya Roong Tinoor yang kemudian ditetapkan menjadi pedoman, landasan sejarah dan hari ulang tahun berdirinya Roong Tinoor, mari kita tingkatkan kerukunan, kekeluargaan dan persatuan”.

Adapun narasumber dalam kegiatan ini, yakni narasumber ahli Dr Ivan Kaunang M Hum, narasumber penyaji Judie Turambi SH, serta para narasumber tokoh sejarah Roong Tinoor.

Hadir pula Wakil ketua DPRD Kota Tomohon Drs Johny Runtuwene DEA, Kadis Pariwisata Kota Tomohon Masna Pioh S Sos, Lurah Tinoor satu Windy Karundeng SE, Lurah Tinoor dua Jackie Rindengan SPd. Peserta kegiatan, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh pendidikan, dan tokoh perempuan.

*Icad

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *