Connect with us

Politik dan Pemerintahan

Kolaborasi Bawaslu Sulut, Mapatik dan Kelung, ‘Tanam’ Ilmu Pengawasan Partisipatif!

Published

on

Penyerahan kaos Kelung.id untuk Komisioner KPU dan KPID

MINAHASA, – Badan pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) diskusikan soal Pengawasan Partisipatif, di Kobong Om Tani Langowan, Walewangko, Kabupaten Minahasa, Jumat (6/9/2024).

Dalam ruang diskusi yang berlangsung selama 6 hingga 7 September itu, Bawaslu menggandeng Komunitas Penulis Mapatik dan Kelung id.

Dalam kegiatan ini, tampil sebagai narasumber, Komisioner Bawaslu Sulut Donny Rumagit, STP, SH dan Steffen Stefanus Linu, SS, MAP

Kemudian, Ketua Bawaslu Kabupaten Minahasa Lord Arthur Malonda, S.Pd, serta Ketua Bawaslu kota Tomohon Stenly Jerry Kowaas, SH.

Selanjutnya, Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulut Pengasihan Amisan, S.IP, dan Ketua PUKKAT Dr. Denny Pinontoan, M.Teol.

Donny Rumagit, dalam pemaparannya menekankan, peran media sangat penting dan efektif untuk menyebarkan informasi yang benar dan akurat kepada masyarakat.

“Dengan harapan tercipta partisipasi masyarakat yang aktif untuk turut serta melakukan pengawasan setiap tahapan di Pilkada atau Pemilihan Serentak ini,” ulas Donny.

Disamping itu, Steffen Stefanus Linu menuturkan, dalam upaya pengawasan partisipatif lewat media, dapat mewujudkan pesta demokrasi yang memiliki integritas.

Dengan adanya forum diskusi ini, serta kolaborasi antara Bawaslu dengan komunitas penulis Mapatik dan Kelung, jadi kunci peningkatan partisipasi bersama masyarakat.

Ia mengajak, peserta diskusi untuk ikut serta dan ambil bagian dalam menentukan Pilkada damai dan bermartabat.

“Ini merupakan tanggung jawab kita semua, baik dari unsur penyelenggara Pemilu, kalangan mahasiswa, organisasi, dan masyarakat secara luas,” tukasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *