Connect with us

Politik dan Pemerintahan

Miky-Cherly “Kunci” Menuju Tomohon Maju! Tegak Lurus dengan Pemerintah Pusat

Published

on

Miky Wenur dan Cherly Mantiri

TOMOHON, – Sinergitas antara pemerintah daerah dan pusat, sangat berpengaruh baik terhadap kemajuan suatu daerah, khusus kota Tomohon.

Hal itu pasti terjadi, ketika Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon, Ir Miky Junita Linda Wenur MAP-Cherly Mantiri SH menjadi top eksekutif di kota Sejuk.

Dua Wewene yang diusung Partai Golkar, Partai Nasdem, dan PSI adalah satu-satunya pasangan yang berkompetisi di Kota Tomohon yang tegak lurus atau sinergi ke provinsi sampai ke pusat.

Pasangan ini merupakan calon dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus utuh. Sama dengan di Provinsi Sulawesi Utara yang mengusung Yulianus Komaling-Victor Mailangkay yang diusung Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Nasdem, dan PSI.

‘’Ya, inilah koalisi yang tegak lurus hingga ke pusat. Ini tidak bisa terbantahkan. Dan, kalau mau menang dan pembangunan berjalan lancar, tentunya memilih pasangan yang memiliki akses ke provinsi, hingga ke pusat,’’ tegas Piet HK Pungus SPd dan Jack A Palar SE, dua senior Beringin.

Apalagi lanjut Pungus dan Palar, keduanya adalah figur yang telah teruji dan berpengalaman.

Beberapa kali menjadi anggota DPRD dan matang di berbagai organisasi tentunya menjadi modal bagi keduanya yang memiliki visi Tomohon Maju, Terpercaya, dan Sejahtera.

Kota Tomohon sendiri, tidak akan mampu berkembang banyak jika hanya berharap pada Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus, ditambah Pendapatan Asli Daerah yang dituangkan dalam APBD.

Ia juga mengatakan, PAD Kota Tomohon hanya kecil. Dari target 60 miliar tahun 2023 lalu, hanya terealisasi kurang lebih 45 miliar.

“Jadi, perlu ada dana-dana atau program dari pemerintah pusat. Jika tidak sinergi atau tidak tegak lurus, akan kesulitan,’’ beber Wakil Ketua DPRD Tomohon pertama di periode 2002-2009 ini.

Miky-Cherly sendiri menekankan telah memiliki program dan strategi jitu jika diperkenankan Tuhan dan dipercayakan masyarakat memimpin Kota Tomohon.

“Kita memiliki program-program yang realistis, bukan program terkesan wah namun tak mampu direalisasikan,” imbuhnya.

“Kita sesuaikan dengan kondisi daerah, dan bersinergi dengan pusat, karena memang kita sinergi dengan pusat, yang diusung partai koalisi yang sama dengan pusat,” tukas Miky Wenur, diamini Cherly Mantiri.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *