Connect with us

Bisnis dan Ekonomi

“Sharing Knowledge” bareng Pelaku UMKM, Kadin Tomohon Bahas soal Koperasi hingga Digital Dagang

Published

on

Kadin Tomohon "Sharing Knowledge" bareng Pelaku UMKM

TOMOHON, – Kamar dagang dan industri Indonesia (Kadin) kota Tomohon merangkul ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) saat diskusi soal ilmu dagang.

Kegiatan itu merupakan kolaborasi antara Kadin dan pemerintah kota (Pemkot) Tomohon, dengan menggandeng ratusan pelaku UMKM, dan dilaksanakan di GOR Babe palar, Senin (12/8/2024).

Kadin Tomohon dibawa pimpinan Lukas Umboh, SE.,MM menyebut, tujuan kegiatan ini untuk mendorong kemajuan gaya dagang pelaku UMKM.

“Ya, termasuk ekosistem digital. Inisiatif ini bertujuan mengakselerasi digitalisasi UMKM Indonesia, khususnya di Tomohon, dan mampu bersaing secara global,” kata Umboh.

Dikatakan, Kadin Tomohon miliki tujuan cemerlang untuk meningkatkan pendapatan UMKM, dan membantu pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat.

Benar saja, Umboh membeberkan, pihaknya berusaha untuk membantu UMKM dengan memberikan fasilitasi gratis untuk menjadi anggota.

Kemudian, lanjut dia, Kadin akan membantu soal penyelesaian dokumen, juga dari segi digital marketing, hingga proses mencari pemasok.

Foto: ketua Kadin Tomohon, Lukas Umboh, SE, MM.

Lebih lagi, Umboh memaparkan, Kadin bakal membantu pelaku UMKM yang sudah bagus untuk mendapatkan fasilitas kredit UMKM dari Bank SulutGo.

“Jadi Kadin dan BSG ada kerja sama untuk memberi bantuan kredit usaha kecil,” kata Umboh kepada sejumlah wartawan, didampingi Wakil Ketua Lucia Goni, SE, ME.

Bukan hanya itu, Lukas Umboh juga menerangkan, Kadin Tomohon kedepannya bakal membantu pelaku UMKM yang berminat untuk ekspor.

“Kami kedepan akan membantu UMKM yang berminat untuk ekspor. Jadi dalam waktu dekat kami akan melakukan seminar untuk membekali UMKM soal ekspor,” jelas Umboh.

Untuk itu, pihaknya bakal mendatangkan instruktur ekspor untuk melatih anggota Kadin yang siap dan miliki minat untuk ekspor.

Sementara, Ketua badan pengawas koperasi THB drg Jean de’Arc Senduk-Karundeng menekankan, dagang digitalisasi sangat berperan penting dalam pengembangan bisnis UMKM.

“Digitalisasi memainkan peran kunci dalam meningkatkan daya saing UMKM di era modern. Ini akan membawa manfaat besar bagi UMKM,” imbuh Karundeng.

Pada kesempatan itu juga, Kadin Tomohon datangkan narasumber yang sukes di bidang UMKM, yakni Dewi Sundari, Owner de’Harvest.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *