Connect with us

Olahraga

Catat! 2 Desember Ini Ratusan “Road Bike” bakal Berlomba di Tomohon, Intip Rutenya…

Published

on

Ilustrasi: Pesepeda melakukan start.

TOMOHON, – Ratusan pesepeda yang tersebar se-Indonesia, bakal arungi jalan kota sejuk dalam iven Tour de Tomohon, pada Sabtu (02/12/2023).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Tomohon itu merangkul 120 pesepeda yang akan berlomba didataran kaki gunung Lokon.

Ketua BPPD Lucia Goni, SE MM membeberkan, kegiatan ini merupakan iven nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisata di Kota Bunga Tomohon.

Ratusan peserta bakal bersepeda sambil mengunjungi spot-spot wisata di kota Tomohon, baik dititik stop, juga di rute yang akan dilewati pesepeda.

“Ya, ini adalah gagasan BPPD bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga kota Tomohon,” ungkap Ketua Panitia Putra Minahasa Senduk SH, didampingi wakilnya Lucia, dan sekretaris BPPD Jouvendy Rompis, Kamis (30/11/2023).

Dikatakan, iven bergengsi ini adalah rangsangan bagi ‘penggila’ wisata di Indonesia maupun internasional untuk mengenalkan kekayaan wisata di kota Tomohon.

“Nantinya lokasi wisata dan keindahan alam di kota Tomohon akan dikenal lebih luas. Selain lewat TIFF, tentu lewas Tour de Tomohon juga,” terang Lucia.

Tak hanya menguntungkan wisata, kata Lucia, Tour de Tomohon juga dapat membantu meningkatkan perekonomian.

“Iya dong, wisatawan pasti dapat menikmati makanan-makanan kuliner di kota Tomohon, apalagi banyak UMKM yang menjual makanan tradisional seperti cucur, apang, dll,” ketusnya.

Untuk rute, dibeberkan Lucia, bakal mengambil start di Lokasi Wisata Tekaan Telu dan finish di kompleks Menara Alfa Omega.

“Dalam perjalanan, ada tiga persinggahan. Yakni Michi no Eki, Danau Linow Resort dan Kai Meya,” bebernya.

Untuk peserta, lanjut dia (Lucia-red) berjumlah 120. “25 peserta dari Polda Sulut, termasuk Kapolda dan Wakapolda, dan 95 peserta dari kalangan umum,” tandasnya.

Diketahui, kategori yang dilombakan yakni Junior 16 -18 tahun, Man Elite 19 -35 tahun, Master A 35 -Up dan Woman Open.

Sementara itu, hadiah yang diperebutkan yakni Juara 1 Rp4.000.000, Juara 2 Rp3.000.O00, Juara 3 Rp2.000.000, Juara 4 Rp1.000.000 untuk semua kategori.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *