Connect with us

Berita Terkini

Walikota: Rancangan Awal RKPD, jadi Acuan Penyempurnaan RENJA-PD!

Published

on

TOMOHON, – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H dan Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, S.E Menghadiri Secara Virtual Konsultasi publik Rencana kerja Pemerintahan Daerah (RKPD) Kota Tomohon Tahun 2023.

Bertempat di Command Center Mall Pelayanan Public Tomohon. Walikota membuka kegiatan konsultasi publik Secara Resmi.

Sebelumnya, Senduk menjelaskan, telah dilaksanakan tahapan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan atau pendekatan yang dilakukan secara bottom up yang sudah dilaksanakan pada tanggal 17-28 januari 2022.

“Termasuk e-pokir atau pokok-pokok pikiran DPRD yang juga sudah di input dalam aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD),” ucapnya.

Maksud penyelenggaraan konsultasi publik ini, kata Senduk, merupakan momen yang sangat strategis bagi kita untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan.

“Ya, ini mampu menjawab isu-isu strategis serta untuk mendapatkan masukan dan saran guna penyempurnaan rancangan awal RKPD Kota Tomohon tahun 2023,” beber Walikota.

Rancangan awal RKPD ini, kata dia (Senduk-red) akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan dan sebagai acuan penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RENJA-PD).

“RKPD mempunyai kedudukan yang strategis yaitu menjembatani perencanaan strategis jangka menengah dengan perencanaan dan penganggaran tahunan,” ketus Walikota.

Oleh sebab itu, lanjut Walikota, proses penyusunan RKPD Kota Tomohon tahun 2023 dilakukan secara sistematis, terarah, terpadu dan tanggap terhadap perubahan dalam penyusunannya.

“Pemerintah daerah diwajibkan untuk menyusun dokumen perencanaan pembangunan daerah yang responsif, efektif, akuntabel, dan berkelanjutan,” tuturnya.

“Sehingga pada periode terakhir RPJPD Kota Tomohon tahun 2005-2025 ini, saya harapkan agar seluruh wilayah Kota Tomohon dapat berkembang menjadi lebih baik lagi,” tukas Senduk.

Konsultasi Publik Ini dihadiri juga oleh Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Erens Kereh, AMKL. (secara virtual), Kepala BAPEDA Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili oleh Kepala Bidang Monitoring dan Evaluasi Fransisca Kaeng, S.P., M.Si.,

Turut serta, jajaran pemerintahan Kota Tomohon dan para Kepala Perangkat daerah (secara virtual) serta undangan lainnya.

Richard Ering

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *